BERITASTRAIGHT NEWS

Tumpiling Society bersama Lembaga dari Timor Leste Salurkan Bantuan Gempa Sulbar

Total Gunakan 9 mobil; 7 Pick Up dan 2 Mini Bus

POLMAN, TAYANG9 – Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, Jumat dini hari, 15 Januari 2021 menyisakan duka yang mendalam. Tak pelak, sejumlah person, lembaga dan instansi berinisiatif melakukan penggalangan bantuan, tak terkecuali Lembaga Kepemudaan Tumpiling Society secara khusus membuka layanan Posko Peduli korban gempa.

Arga, Koordinator Lapangan penyaluran bantuan kepada media mengatakan, pihaknya selain menentukan waktu pendistibusiannya, juga secara khusus melakukan pemetaan lokasi yang akan menjadi lokasi sasaran pendistrubisian bantuannya.

“Berdasar hasil musyawarah, kami sepakati untuk disalurkan pada hari rabu tanggal 20 Januari 2021 dengan 4 titik sasaran posko yakni daerah Deking Malunda, Mekkatta, Maliaya dan Kuridi Tappalang. Dari empat hari ini kami juga melakukan observasi daerah mana saja yang belum tersentuh bantuan, dari obervasi tersebut didapatkan data empat daerah tersebut masih minim bantuan. Oleh karena itu kami sepakati penyaluran dilakukan di empat daerah tersebut”, beber Arga.

Seirama dengan itu Irwan, Ketua Tumpiling Society mengaku bersyukur pihaknya dapat berbuat bagi kemanusiaan dengan jalan membantu korban bencana gempa itu. Termasuk atas kepercayaan dan kerjasama dengan berbagai pihak yang telah ikut membantu penggalangan dana bantuan yang dimotori oleh lembaganya.

“Kami sangat bersyukur, karena telah dapat membantu saudara-saudara kita korban gempa yang ada di Mamuju dan Majene. Semoga bantuan yang kami sampaikan sedikit mengobati luka mereka yang terdampak gempa. Kami juga berterima kasih kepada para donatur yang mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan bantuan, terutama kepada masyarakat desa Tumpiling atas supportnya dan donator lainnya serta BMJ FC dari negara tetangga Timor Leste. Khusus dari BMJ FC terus terang kami kaget dihubungi teman-teman dari Timor Leste, mereka hanya melihat postingan kami di media sosial, akhirnya mereka mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan bantuan kepada para korban gempa”, ungkap Irwan.

ANGGOTA Tumpiling Society tengah mempacking sejumlah bahan yang akan didistrbusikan ke lokasi tedampak gempa

Lanjut Irwan, dalam pendistibusian bantuan dan untuk merespon kepercayaan para pihak yang telah menjalin kerjasama dengan lembaganya itu, secara khusus pihaknya melakukan analisis dan pemetaan agar bantuan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.

“Kami memberangkatkan total 9 mobil dengan rincian 7 pick up dan 2 mini bus. Masing-masing memuat bahan makanan cepat saji, sembako, perlengkapan bayi, susu, minyak telon, minyak kayu putih, pampers dan beberapa tenda serta tikar. Dari obesrvasi yang kami lakukan, jenis bantuan itulah yang sangat dibutuhkan oleh korban gempa saat ini”, bebernya.

Irwan mengaku, setelah pendistibusian bantuan itu dilakukan, pihaknya juga masih akan tetap membuka layanan posko peduli dengan tetap menerima donasi yang akan kembali disalurkan sesuai dengan harapan para pendonor dan berdasarkan analisis kebutuhan yang ada di lokasi bencana dan pengungsian.

“Setelah penyaluran ini, kami tetap membuka layanan Posko dan tetap menerima donasi untuk kembali disalurkan. Semoga bantuan yang kami salurkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para korban. Kita berharap duka ini cepat berlalu agar masyarakat korban gempa dapat menjalani hari-harinya dengan normal seperti sedia kala”, tutup Irwan.

Diketahui, lembaga kepemudaan Tumpiling Society pada gempa Palu 2018 silam juga menyalurkan bantuan serupa dan membuat rest area bagi pengungsi dari Palu dan relawan yang akan ke Palu. [/*]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button