BERITASTRAIGHT NEWS

Ratusan Warga Mamuju Terima Bansos

Mamuju – Tayang9 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, melalui pengalokasian anggaran dari Direktorat penanganan fakir miskin, kembali menyalurkan bantuan sosial lain, yang penyerahannya dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Mamuju Habsi Wahid, di Aula Kantor Bupati Mamuju, Rabu,09/10/19.

Pada kesempatan kali ini, adalah bantuan bagi kelompok usaha bersama (Kube) bagi 900 keluarga penerima manfaat, serta bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (Rs-Rutilahu) bagi 100 kk dan bantuan stimulasi sarana prasarana lingkungan bagi 1 kelompok.

Bupati Mamuju Habsi Wahid mengatakan, bahwa adanya bantuan tersebut, merupakan upaya dari pemerintah kabupaten dalam membangun sinergitas dengan pemerintah pusat.

“Adanya bantuan yang terus dilakukan kepada masyarakat, utamanya bagi mereka yang layak menjadi penerima manfaat, adalah bentuk upaya pemerintah daerah untuk membuka ruang, dan sinergi dengan pemerintah ditingkat pusat yang terus berbuah dengan berbagai gelontoran bantuan,” ucap Habsi.

Selain itu juga berharap, pada masyarakat agar dapat memanfaatkan sejumlah program yang bersifat stimulasi tersebut,untuk berupaya meningkatkan kesejahtraan ekonominya.

“Sehingga intervensi yang telah dilakukan pemkab Mamuju dengan berbagai salurannya dapat memberi manfaat bagi semua masyarakat Mamuju,” tutupnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Lutfi Muis menerangkan, target dan sasaran bantuan dari kementerian sosial adalah calon penerima manfaat harus memenuhi sejumlah kriteria miskin, terpencil atau rentan miskin sosial ekonomi, serta masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Adapun besaran bantuan antara lain, untuk KUBE dengan nilai total Rp.1,8 M,dengan rincian Rp.20.000.000, setiap kelompok terdiri dari 10 KK.Sedangkan untuk kelompok RS-RUTILAHU dengan total nilai Rp.1,5 M dengan rincian untuk kelompok RS – RUTILAHU Rp.15.000.000 yang memuat 1 kelompok terdiri dari 10 KK. Sementara untuk bantuan sarana, dan parasarama lingkungan terdiri dari tiga jenis bantuan yang nilainya sebesar Rp.3.350.000.000,” jelas Lutfi.

Lain halnya yang disampaikan oleh salah seorang penerima manfaat dari Desa Karampuang Abdul Rais, mengaku sangat senang dengan adanya bantuan tersebut, ia menilai seringnya masyarakat menerima bantuan, adalah bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memperjuangkan masyarakatnya.

“Sejak kepemimpinan Bupati yang ini sudah banyak bantuan kami terima, juga kepada bapak Jokowi. Kami sangat berterimakasih kepada pimpinan yang memperhatikan masyarakat,” tutur Rais.(*/FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button