BERITASTRAIGHT NEWS

Puluhan Jurnalis Kumpul di Palu Bincang Keberagaman

PALU, TAYANG9 – Puluhan jurnalis dari berbagai daerah di indonesia seperti Sulteng, Gororanto, Sulbar, Sultra dan Sulsel mengikuti workshop dan strory grant yang diselenggarakan serikat jurnalis untuk keberagaman (Sejuk), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Palu dan Internews di Hotel Santika Palu.

Berikut reportase Rahmayani, wartawan TAYANG9 yang juga terlibat dalam kegiatan yang berlangsung sejak 21 hingga 23 Februari 2020 lalu.

Pilihan kota Palu sebagai tuan tuan rumah kegiatan karena panitia memandang Palu sebagai kota yang heterogen yang syarat dengan keberagaman. Setidaknya begitu yang dikatakan, Tantowi, pengurus Sejuk Pusat.

Tantowi mengatakan, kegiatan yang mengusung tema meliput isu kebebasan beragama dan berekspresi dan dipilihnya kota palu sebagai lokasi kegiatan karena melihat kondisi masyarakat yg beragam.

“Kami dari sejuk memilih kota Palu karena melihat kondisi masyarakat beragam dan nantinya juga akan kita undang kelompok Ahmadiyah dan Kristen untuk mendengarkan sikapnya sebagi kaum minoritas di kota palu,” ungkapnya.

Ia iuga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada jurnalis bahwa keberadaan kaum minoritas juga penting untuk dijadikan objek pemberitaan dan tidak membeda bedakan dengan kaum mayoritas.

Sementara itu Ketua AJI Kota Palu, Ikbal menyambut baik kegiatan yg diselenggarakan oleh Sejuk karena dengan kegiatan tersebut dapat menambah wawasan jurnalis tentang keberagaman.

“Selama proses pelatihan ini saya beberapa kali diskusi santai dengan peserta dan mereka mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perserta,” ujarnya

Lebih lanjut ia juga mengatakan, jika nantinya Sejuk ingin melakukan kegiatan serupa dengan tema yang berbeda AJI kota palu sangat terbuka.

Sementara itu Intan Juwita, peserta dari kendari, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya terlebih di daerah asalnya juga terdapat kelompok minoritas yang harus diperhatikan

“Saya bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini karena dapat menambah pengetahuan dalam melakukan peliputan di kalangan minoritas,” ungkap jurnalis www.sultrakini.com ini.(*)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button