BERITA

Panwaslu Polman Kembali Gelar Sosialisasi Pencegahan Pemilu Partisipatif

Panwaslu Polman Menggelar Sosialisasi Pencegahan Pemilu Partisipatif bertempat di Aula Hotel Lilianto, Kamis (21/12).

Tayang9.c0m, Polewali- Panitia Pengawasan Pemilu (panwaslu) kabupaten Polman kembali menggelar Sosialisasi Pencegahan Pemilu Partisipatif, di Aula hotel Lilianto, Polewali, Kamis (21/12).

Suaib, ketua Panwaslu Polman mengatakan jika pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dalam pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran pemilu. Mulai dari konflik, keterlibatan ASN, pelanggaran Timses dan masyarakat pemilih itu sendiri.

“Hari ini kami hadirkan bapak-bapak untuk mngajak semua pihak untuk ikut bekerja sama dalam melakukan pengawasan dari tingkat desa hingga ke kabupaten. Dan kami siap melakukan pengawasan secara maksimal agar terciptanya proses demokrasi yang kita harapkan,” ungkap Suaib yang sekaligus membuka acara.

Ketua panitia Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasif, Usman Sanjaya menyampaikan, bagaimana membangun kesepahaman antara bawaslu dengan pengawasan ditingkat kabupaten.

“Bagaimn stakeholder untuk mmbangun komunikasi antar SKPD, kepala sekolah, desa, dan media terhadap pelaksanaan pemilu,” Harapnya.

“Turut mengawasi unsur-unsur yang terlibat seperti kepala desa dan skpd melakukan pengawasan terutama adanya keterlibatan ASN di politik praktis,” lanjutnya.

Sementara itu, kepala sekertariat Panwaslu Kabupaten Polman Syariat Tajuddin, turut menyampaikan bagaimana memahami perspektif pengawasan pemilu.

“Tanpa adanya masyarakat yg teibat dalam pengawasan beradab dianggap tidal penting. Tidak terlibat secara perbal, seperti para pejabat ASN dan SKPD lainnya,

Untuk polman, pilkada diharapkan mnjadi duta atau corong dalam euforia politik. Sebab yang kita butuhkan bukalah penguasa namun kita ingin melahirkan seorang pemimpin dalam pesta demokrasi.

“Bagaimna polman menjadi pailet projek demokrasi khususnya di wilayah sulbar, dan itulah yang kita harapan melalui kerja-kerja pengawasan. Kita selalu mengharapkan masukan dari masyarakat untuk mngantisipasi adanya kecurangan dalam pilkada khusus untuk di kabupaten Polman,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh komisioner Bawaslu Sulbar, Nasrullah yang juga sebagai pemateri kegiatan. Juga hadir para Kepala Desa se-Kabupaten Polman, kepala sekolah, GP Ansor, PMII Cabang Polman, Media dan OKP-OKP lainnya.

NASRUL MASSE

Anak pelaut yang ingin menulis dan membaca di daratan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button