BERITASTRAIGHT NEWSTERKINI

IMIKI Gelar Rakernas X di Makassar, Padukan Luring dan Daring

Makassar, Tayang9 – Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X di Asrama Haji Sudiang, Makassar, tanggal 25 – 27 Februari 2021.

Rakernas X ini dibuka oleh kepala UPT PTIKP Disdik Sulsel, Andi Hidayat yang mewakili Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Gelaran Rakernas ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (Munas) X IMIKI di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), pada Januari 2020 lalu.

Rakernas X kali ini dikuti 30 peserta yang tergabung dari berbagai kampus di tanah air. Diantaranya Universitas Asyariah Mandar, Universitas Nadthul Ulama Kalimantan Timur, Universitas Teknologi Sumbawa, IAIN Ternate, Universitas Islam Negeri Ar Raniry Aceh, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Universitas Haluoleo Kendari, Universitas Teuku Umar, Universitas Karya Darma Makassar, dan Stisipol Candra Dimuka.

Sedangkan untuk panitia pada kegiatan Rakernas X berjumlah 25 orang yang terdiri dari empat kampus. Antaralain Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Universitas Fajar (Unifa), Universitas Islam Makassar (UIM), Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan Universitas Karya Dharma Makassar (UKDM).

Ketua panitia Rakernas X IMIKI, Muh Zultamzil, mengungkapkan, melihat situasi Covid-19, peserta rakernas harus dibatasi. Ada yang mengikuti via daring maupun Luring. Selain Rakernas sebagai agenda utama, lanjut Zultamzil, kegiatan ini diisi beberapa acara lain, seperti pelantikan pengurus, seminar nasional, dan bedah buku.

“Hari pertama, ada acara seminar nasional dengan mengusung tema ‘pola komunikasi kerja di tengah pandemi Covid-19’. Selain itu diadakan pula pemutaran film oleh teman-teman,” ungkap Mahasiswa Unifa ini, Kamis (25/02) kemarin.

Untuk hari kedua dan ketiga, sambung Zultamzil, akan diadakan bedah buku, pelantikan, dan dilanjutkan dengan rakernas hingga selesai.

Dalam kegiatan itu, Zultamzil berpesan kepada seluruh panitia dan pengurus IMIKI cabang Makassar agar bekerja dengan ikhlas, meski sumber daya manusia terbatas.

“Silakan berkreativitas, yang belum bergabung, silakan bergabung. Di sini banyak ilmu pengetahuan dan memperluas relasi. Ini organisasi nasional. Tidak ada ruginya,” terang Mahasiswa angkatan 2017 ini.

Sementara itu, Ketua umum Pengurus Pusat IMIKI, Ryfan Abdjul menyampaikan target besar dalam periode kali ini, adalah bagaimana IMIKI hadir memberi kontribusi berupa gagasan dan tindakan dalam bidang Komunikasi sebagai sumbangsih untuk Indonesia.

“IMIKI akan mengambil peran terkait berbagai macam persoalan yang berkaitan dengan bidang keilmuan Komunikasi, di antaranya perlunya gerakan liretasi media yang masif, digitalisasi penyiaran, juga akan aktif mengkaji perihal RUU Penyiaran juga UU ITE yang belakangan hangat diperbincangkan,” ucap Ryfan Abdjul.

Ryfan Abdjul menambahkan, IMIKI sendiri terdiri dari delapan bidang, di antaranya, keorganisasian, penelitian dan pengembangan pengetahuan, minat bakat, entrepreneur, Kominfo, advokasi dan kebijakan publik, publik relation, dan pengabdian masyarakat.

Berkaitan agenda rakernas ini, Ketua IMIKI Cabang Sulawesi barat Oki Nawa M.A, sebagai delegasi dari kampus Universitas Al Asyariah (HIMAKOM), yang juga perwakilan IMIKI Cabang Sulbar Koordinator Bidang Keorganisasian, menyambut baik agenda Rakernas X tersebut.

“Berharap dengan terus adanya kegiatan-kegiatan mahasiswa baik lokal maupun nasional dapat menambah wawasan sehingga dapat diterapkan kepada masyarakat pada umumnya, sebab Mahasiswalah sebagai perpanjangan masyarakat” ungkap Oki Nawa M.A.

Pemateri dalam kegiatan nasional tersebut, menghadirkan Dadang Hidayat Ketua Ikatan Sarjana ISKI Pusat, Herwanita, komisoner KPID Sulsel 2017 – 2020, serta Burhanuddin Bagenda, staf badan penelitian dan pengembangan daerah Kota Makassar (rls/**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button