BERITAFEATURE

Shalat Id, Ditarget Ribuan Jamaah Padati Masjid Imam Lapeo

KESIBUKAN mulai tampak mencolok di Masjid Nurut Taubah KH. Muhammad Thahir Imam Lapeo, saat itu suara takbir dan tahmid juga menggema dari sound system. Jamaah baru saja selesai melaksanakan shalat isya berjamaah.

Sejumlah pengurus masjid berbaur dengan warga tampak sibuk mengangkat sound system tambahan, sebagian lainnya tampak mengangkat karpet di teras masjid. Sedang sisanya sejumlah ibu-ibu berjilbab juga tampak berada dalam ruang dalam masjid tengah menandai tempat yang akan digunakan untuk melaksanakan shalat idul fitri besok, Jumat 15 Juni 2018 – 1 Syawal 1439 H.

Upaya ibu-ibu yang menandai sedari awal tempat untuk shalat itu dimaklumi memang, mengingat hampir bisa dipastikan, jika tak ada aral besok di masjid kebanggaan masyarakat Mandar-Sulbar itu akan kembali dipadati oleh ribuan jamaah dari berbagai penjuru untuk melaksanakan shalat idul fitri 1439 H.

BENTANGAN karpet atau sajadah panjang di bagian teras masjidpun telah tampak terpasang untuk digunakan oleh jamaah yang melaksanakan shalat idul fitri

Zainul Abidin salah satu pengurus masjid yang ditemui media ini, malam tadi, 14 Juni ditengah kesibukannya menata persiapan shalat id di masjid Imam Lapeo itu mengatakan, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk melayani para jamaah. Itu tampak, tidak saja pada bahagian dalam masjid, di bahagian teras masjid pun telah dipasangi karpet.

“Iya ini kami sedang berbenah untuk menyambut para jamaah yang hampir kami pastikan akan berjumlah ribuan orang akan kembali memadati masjid ini,” ujarnya.

Dikatakan Zainal, dirinya juga secara khusus melakukan penambahan sound system yang akan digunakan untuk bagian luar masjid. Karena dipastikan sound system dalam masjid tidak akan sanggup untuk melempar suara ke luar masjid.

“Ini kami juga melakukan penambahan sound system untuk bagian luar, agar para jamaah yang tidak kebagian tempat di bagian dalam masjid juga dapat mengikuti secara seksama ibadah yang akan dilangsungkan besok pagi,” bebernya.

Lebih jauh dijelaskan Zainal, besok yang akan bertindak sebagai imam adalah Ustad Dalilul Falihin yang selain juga adalah imam besar masjid Nurut Taubah KH. Muhammad Thahir Imam Lapeo, juga adalah cucu dari ulama kharismatik dan waliyullah tanah Mandar yang karib di sapa Imam Lapeo itu.

KESIBUKAN tidak saja tampak di bagian dalam Masjid Imam Lapeo, tetapi di teras luar pun sejumlah jamaah dan pengurus tengah sibuk melakukan penataan

Sedangkan khatib yang akan membawakan khutbah idul fitri besok adalah Ustad Hasan Pinang yang juga kelahiran Mandar-Sulbar. Ditanya target pasti jumlah jamaah yang akan turut berjamaah pada shalat id besok, dikatakan Zainal hampir pasti ribuan orang akan hadir.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya ada ribuan jamaah yang akan membanjiri masjid kita ini. Semoga sama dengan tahun sebelumnya ya, dimana badan jalan di depan masjidpun kita tutup untuk menjadi tempat shalat para jamaah yang meluber hingga ke badan jalan,” tutup Zainal. [**]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button