BERITASTRAIGHT NEWS

Sebanyak 313.551 DPB Triwulan Kedua Juni Ditetapkan KPU Polman

POLMAN, TAYANG9 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat kembali menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) triwulan kedua tahun 2022 sebanyak 313.551 pemilih.

Menyusul hasil rapat pleno penetapan hasil pemutakhiran DPB tri wulan Kedua bulan Juni tahun 2022, sebagaimana yang disampaikan Ketua KPU Polewali Mandar, Rudianto, Selasa 28 Juni 2022 siang tadi di Ruang Media Center KPU Kabupaten Polewali Mandar.

Dikatakan Rudianto, terdata sebanyak 313.551 pemilih dengan rincian laki-laki, sebanyak 153.938 jiwa dan perempuan sebayak 159.613 orang. Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 28 orang. Dengan rincian laki-laki, sebanyak 25 pemilih. Dan perempuan 3 pemilih.

Sementara perbaikan data pemilih sebanyak 40 pemilih, dengan rincian laki-laki sebanyak 24 pemilih. Dan perempuan sebanyak 16 pemilih.

Dijelaskan pula, pelakasanan pemuktahiran data pemilih, tidak sampai akhir tahun. “Jika mengacu pada PKPU Nomor 3, Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024. Dimana tahapan Pemuktahiran Data Pemilih  Pemilu 2024. Akan dimulai di bulan Oktober 2022, yang didahului dengan penerimaan DP4, ” sebutnya dalam sambutan rapat pleno penetapan hasil pemukhiran DPB yang dilaksanakan secara hybrid.

“Menurut PKPU No 6 tahun 2021, tentang PDPB. KPU, yang sudah menerima DP4 dari Menteri. Menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri untuk Pemilu atau Pemilihan, KPU Kabupaten dan Kota tidak melaksanakan PDPB,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua KPU Polman menyampaikan, KPU Polman akan memberikan layanan selama 24 jam dalam melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan.

“Dari hasil pemutakhiran DPB ini, data pemilih akan lebih akurat, akuntabel dan komprenhensif. Sehingga menjadi data untuk disandingkan dengan DP4 dari Dirjen Catatan Sipil, yang hasilnya akan menjadi data awal pada pemutakhiran data pemilih Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024,” tuturnya.

Hadir dalam rapat pleno tersebut, jajaran Ketua dan Anggota KPU Polma. Pemerintah Kabupaten Polma, diwakili oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polman. Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Polnan. Serta sejumlah ketua dan pengurus partai politik yang mengikutinya melalui jariangan online. (nadi)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button