BERITASTRAIGHT NEWS

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu, Panwaslu Polman Gelar Sosialisasi

SOSIALISASI, Suasana Sosialisasi Pengawasan Umum Partisipatif Panwaslu Polman

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu Polman) menggelar sosialisasi pengawasan pemilihan umum partisipatif, untuk meningkatkan pemahaman Panwas Kecamatan tentang pengawasan pemilihan umum Minggu,26/11/2017.

Ketua Panwaslu Polman Suaib dalam sambutannya menjelaskan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Panwaslu Polman adalah untuk meningkatkan pemahaman Panwas Kecamatan untuk mengawasi jalannya proses pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar 2018 mendatang.

“Kita mau pastikan bahwa pemilu yang akan datang benar benar berkualitas dan berintegritas ” Ungkapnya.

Suaib juga menjelaskan akan memfokuskan pengawasan terhadap empat hal yang paling sering terjadi pada setiap kontestasi pemilu.

” yang pertama kita akan pastikan bahwa penyelenggara benar benar netral, karena itu sangat kita butuhkan bukan hanya panwaslu tetapi juga Komisi Pemilihan Umum, supaya tidak ada kesan diskriminasi, kemudian netralitas Aparat Sipil Negara, kemudian yang terakhir Tim sukses Karena terkadang tim sukses pasangan calon ini menghalalkan segala cara untuk memperoleh kemenangan ” Tegas Suaib.

Sementara itu Ansarullah Alimuddin Divisi Hukum Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Barat yang turut hadir sebagai pembicara menjelaskan penting bagi seluruh anggota panwas kecamatan untuk lebih memahami tugas dan wewenang panwascam sesuai amanat Undang undang tentang Pemilu dan Peraturan Bawaslu.

” kedepan tantangan kita kedepan sangat berat , terkhusus untuk kita daerah yang juga menghadapi pilihan kepala daerah sehingga penting untuk kita lebih memahami peraturan perundang undangan yang berlaku ” tegas Ansarullah.

Ansarullah juga menekankan pentingnya kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum partisipatif tersebut karena Bawaslu Sulbar memahami pemahaman panwas kecamatan terhadap regulasi masih belum mumpuni .

” kegiatan ini menjadi sangat penting karena kita sadari pemahaman panwas kecamatan terhadap regulasi masih lemah ” Tegas Ansarullah.

Selain menghadirkan Panwas Kecamatan se Kabupaten Polman, Panwaslu Polman juga menghadirkan untuk tokoh masyarakat, mahasiswa,Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta insan Pers untuk memberikan pemahaman pengawasan pemilihan serta mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama sama mengawasi pemilu.

ZULFIKAR MAKKASAU

Selain aktif sebagai jurnalis dirinya juga dikenal aktif sebagai pemerhati lingkungan dan kegiatan pemberdayaan berbasis masyarakat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button