BERITASTRAIGHT NEWS

Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Penipuan CPNS Kemenkumham Sulbar

Tayang9 – Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Polda Sulbar), akhirnya resmi menetapkan tersangka dugaan penipuan berkedok Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan mengatasnamakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kemenkumham) Sulawesi Barat.

Kabid Humas Polda Provinsi Sulawesi Barat AKBP Mashura mengatakan, bahwa saat ini pihaknya telah menaikkan proses dugaan penipuan CPNS tersebut, dari tahap lindik menjadi sidik, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 16 saksi, terdiri dari 6 orang warga Polewali Mandar dan 1 pengumpul, warga Bulukumba 1, serta 8 orang warga Kabupaten Mamuju ditambah 1 sebagai pengumpul dan 1 orang lainnya bertugas mencetak SK.

“Tersangka bernama Ir alias Ais alias Ibc, menggunakan 2 KTP, atas nama Irmawati, KTP Asli dari Dinas Kependudukan Capil atas nama berinisial AIS, KTP dicetak diluar diduga palsu,” ucap AKBP Mashura saat dikonfirmasi di Rujab Bupati Polewali Mandar, Senin, 14/01/19.

Selain itu ia juga menambahkan dalam menjalankan aksinya, Irmawati dibantu oleh beberapa temannya yang bertugas sebagai pengumpul sekaligus sebagai korban, serta 5 orang lainnya bertindak panitia pemateri hasil bentukan tersangka.

“Dalam aksinya tersangka berhasil menerima uang dari para CPNS kurang lebih 2,8 Miliar, barang bukti yang sudah diamankan 6 lembar SK CPNS nomor dan tanggal yang sama, Hp tersangka, daftar nama CPNS, juga Scan disita alat yang digunakan mencetak SK dan KTP, juga sudah diamankan beberapa lembar kwitansi penerimaan uang dari korban,”ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan,  dalam dugaan kasus penipuan CPNS tersebut masih berpotensi adanya tersangka baru, dengan sanksi berupa pasal 378 Jo 55 (1) ke 1 dan pasal 263 Jo 55 (1) ke 1 KUHP, dengan ancaman maksimal 4 dan 6 tahun penjara.

“Tetapi kita tentu mengacu pada perkembangan penyidikannya, dalam perkara ini pihak Kemenkum Ham akan kita mintai keterangan,” tutupnya. (FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button