BERITASTRAIGHT NEWS

Kordiv Pencegahan Hubal Massifkan Penguatan PPL PTPS hingga ke Matangnga

TAYANG9-Jelang hari ‘H’ pencoblosan 27 Juni 2018 pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Polewali Mandar, Panwaslu Polewali Mandar tidak mau kecolongan, terbukti upaya memperkuat sumber daya Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Kelurahan dan Desa dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di kecamatan terjauhpun dilaksanakan.

Adalah, Sumarding Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (P-Hubal) Panwaslu Polman yang secara khusus mendatangi sejumlah PPL dan PTPS se-Kecamatan Matangga untuk menguatkan dan mempertajam kemampuan kerja-kerja pengawasan mereka utamanya pada masa tenang maupun pada saat pencoblosan nantinya.

Penguatan PPL dan PTPS itu digelar siang tadi, Sabtu 23 Juni di salah satu SDN yang ada di Kecamatan Matangnga, dalam pengantar materinya, Sumarding memohon maaf atas keterlambatannya hadir pada acara penguatan itu, tersebab sejumlah agenda di kabupaten juga begitu padat.

“Kami memohon maaf karena keterlambatan ini, karena sebelum kami sini di Matangnga kami juga harus menyelesaikan sejumlah agenda panwas di kabupaten,” beber Sumarding.

Dikatakannya, pihaknya tidak mau mendengar alasan PPL dan PTPS yang melibatkan dirinya karena pertimbangan honor. Tetapi Sumarding, berharap keterlibatan para PPL dan PTPS dalam kegiatan pengawasan pemilukada itu karena panggilan dan komitmen moral untuk ikut terlibat dalam upaya mendorong bergeraknya demokrasi Polewali Mandar.

“Sahabat PPL dan PTPS sekalian kami harapkan masuk dan terlibat menjadi PPL dan PTPS bukan karena alasan honor dan karena hendak mencoba-coba. Tetapi kami berharap, pelibatan sahabat lebih karena pertimbangan proses dan pembelajaran yang tanggung jawabnya amatlah berat sebagai penyelenggara di tingkat bawah. Ingat level sahabat ke depan boleh saja meningkat dari PTPS menjadi PPL, dari PPL menjadi Panwascam dan dari Panwascam meningkat menjadi Panwas atau Bawaslu Kabupaten, provinsi bahkan Bawaslu RI,” beber Sumarding.

BERPOSE bersama sejumlah peserta dengan Kordiv P Hubal Panwaslu Polman dan Panwascam se-Matanganga seusai acara penguatan

Selain itu, dalam materinya, Sumarding juga meminta kepada PPL dan PTPS untuk sungguh-sungguh bekerja penuh waktu dan melakukan pengawasan terhadap semua tahapan Pemilukada sesuai dengan kewenangannya.

“Saya minta ketegasan sikap teman-teman untuk bekerja penuh waktu dalam melakukan pengawasan, pahami semua regulasi dan aturan terkait dengan kerja-kerja kita. Dan kalau ada yang kurang dipahmi tanyakan sekarang, dan tanyakan langsung kepada Panwascam. Intinya berkoordinasi dengan baik dan bangun komunikasi terhadap semua proses dan tahapan pengawasan yang dilaksanakan,” tegas Sumarding.

Ditekankannya pula, PTPS dan PPL harus tetap siaga mengawal pengawasan semua proses, “semua harus tetap siaga satu mengawal segala tahapan, melakukan ronda malam, melakukan pengawasan melekat, dan PTPS berkoordinasi ke PPL begitu juga PPL berkoordinasi setiap saat dengan Panwascam, dan melakukan pengawawasan di setiap sisi. Jangan sampai kita kecolongan dan melakukan pembiaran kepada oknum-oknum yang akan melakukan pelanggaran termasuk money politik yang semuanya itu akan mencederai demokrasi. Maksimalkan pengawasan itu intinya,” tegasnya.

Dalam acara yang berlangsung alot dan dinamis karena sejumlah peserta saling berebutan mengajukan pertanyaan itu juga tampak kehadiran tiga komisioner Panwascam Matangnga, Muhammad Fadli, Rohandi dan Misbahuddin. [**]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button