BERITAFEATURE

Kaderisasi Volunteer Zain Office, Upaya Menyalakan Lilin-lilin Kewarasan

TIDAK lebih dari dua puluh orang, juga tidak didampingi oleh siapa-siapa. Bergerak bukan untuk sekedar Eksistensi, namun berusaha menangkap subtansi. Itulah dia Organisasi Literasi Zain Office berupaya tetap menyalakan lilin-lilin kehidupan menghadirkan kewarasan.

Mentari pagi mulai meninggi, pelataran sekolah MAN 1 Polewali Mandar Tempak begitu lengang. Satu diantara anggota Zain Office sibuk lalu lalang mencari kunci Asrama, nelfon sana nelfon sini. Sementara gerombolan burung berkicau ikut meramaikan perekrutan.

Terlihat peserta melangkah masuk, mendekati asrama perlahan penuh keyakinan. Tes wawancara adalah tujuannya. Semangat mengembang amanah UUD dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Apapun yang terjadi, Literasi tidak boleh mati.

Hari Minggu akhir bulan, tepat 31 Juli 2022 mewadahi ruang gerak para pegiat Literasi. Pintu Asrama terbuka pertanda kaderisasi segera dimulai, meskipun didatangi rasa gugup, peserta relawan Zain Office tetap bertahan. Melihat itu Ketua Panitia Pelaksana Nurul Fitrah memberi Instruksi: “Cepat, wawancara akan segera dimulai!”

Semua terdiam kembali, satu diantara peserta berkata: “Teruskan saja ceritamu kawan! Belum tiba giliran kita”. Waktu menunjukkan jam 09.00, satu persatu dipanggil menghadap panelis dan diberondong sepuluh pertanyaan dari Kak Malik, Sultan, Nurmiati, Aisyah, Rijal, Andi Endri dan kak Moh Fadhel. Mulai dari pemahaman tentang literasi sampai pada gagasan dan terobosan mengembangkannya.

Wawancara dilakukan dalam dua tahap, setelah tatap muka, kini giliran online tatap layar dari Jogjakarta, Depok, Malang dan Jakarta. Semua adalah putra Sulawesi barat yang melanjutkan pendidikan di luar daerah. Semua peserta unjuk kemampuan dan berjanji ikut andil dalam menyebarkan virus-virus Literasi sampai ke pelosok yang belum terjamah.

Tanpa ada halangan, tiba pada penutupan acara. Sambutan ketua Zain Office Farham Rahmat memberi nutrisi Literasi kepada para peserta dengan mengutip pesan Prof. Muhammad Yunus Seorang Bankir pemilik Grameen Bank dari Bangladesh. Katanya: “Everybody is born with the same potential, but not everybody lives in environment that enables them to unleash their true Potential”

Semua orang lahir dengan potensi yang sama, namun tidak semua orang tinggal di lingkungan yang bisa membuat mereka mengaktualisasikan potensi mereka. Maka Zain Office hadir untuk menjadi wadah agar semua potensi yang masing-masing kita miliki bisa teraktualkan dengan baik dan menebar manfaat pada semua orang.

FARHAM RAHMAT

Alumni Hukum IAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyyah Jakarta Timur, Blogger juga aktif dalam pengembangan skill Bahasa (Inggris, Arab dan Teks Lontara) Alumni SKPB Akbar Tandjung Institute. Kini Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dan nyantri di Majelis Shalawat Simpang M, dan didaulat sebagai Ketua Zain Office, editor di media katalogika.com. Serta dirinya tercatat sebagai pemuda pelopor Literasi Digital Kabupaten Polewali Mandar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: