BERITASTRAIGHT NEWS

Jelang Bimtek PTPS, Bawaslu Polman Gelar ToT Bagi Panwascam

TAYANG9-Menjelang bimbingan teknis bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Bawaslu Polman menggelar Training of Trainer (ToT) menghadirkan Panwascam dan Kasek Panwascam se Kabupaten Polewali Mandar.

Acara yang dilangsungkan Jumat-Sabtu, 22-23 Maret 2019 di salah satu hotel di Polewali itu secara khusus dibuka oleh Ansarullah A Lidda Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sulawesu Barat.

Dalam sambutan pembukaannya, Ansarullah mengatakan, PTPS bukanlah eksekutor di TPS, tetapi harus berperan aktif mengawasi jalannya proses pemunguta dan penghitungan suara di TPS.

“PTPS harus aktif dalam melakukan pengawasan dan juga harus bisa memecahkan masalah apabila mendapatkan atau menemukan adanya dugaan pelanggaran pada saat proses tersebut terjadi serta mendokumentasikan dugaan pelanggaran tersebut,” ujarnya.

Senada dengan itu, Sumarding Kordiv Pengawasan Hubal dan Humas Bawaslu Polman, dalam sambutannya mengatakan, sebagai ujung tombak pengawasan, maka PTPS harus mendapatkan bimtek yang memadai untuk menguatkan pemahamannya atas tugas pokok dan fungsinya di lapangan nantinya.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan, maka kegiatan TOT ini dipandang perlu diikuti secara serius oleh Panwascam karena output yang diharapkan dalam TOT ini yaitu, panwascam harus mampu secara maksimal elakukan bimtek kepada PTPS,” tutur Sumarding.

Hadir dalam pembukaan acara yang melibatkan semua unsur pimpinan dan kepala sekretariat Panwascam se-Kabupaten Polewali Mandar itu, Suaib Kordiv Penyelesaian Sengketa, Usman Kordiv Hukum data dan informasi Bawaslu Polman beserta Koordinator Sekretariat Bawaslu Polman.

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button