Senin , Juni 1 2020
Home / GAGASAN / Guru PAUD itu Kreeeenn….!!!

Guru PAUD itu Kreeeenn….!!!

BERADA  ditengah orang-orang yang peduli dengan masa depan generasi anak bangsa, tentu saya merasa sangat senang bercampur haru. Merekalah pribadi yang tak kenal rasa lelah untuk terus berbenah dengan segala kekurangan dan keterbatasan. Tidak hanya pada kebutuhan dalam pembelajaran tapi kesejahteraan mereka juga terbilang jauh dari kata layak dari profesi lainnya.

Dilain sisi juga, mereka kerap dipandang sebelah mata, dianggap tak memberi peran besar dalam dunia pendidikan anak. Mereka (para guru PAUD) hanya pandai bertepuk tangan sambil bernyanyi dan menari. Di era yang dulu , tak banyak yang memiliki minat untuk ambil bagian berprofesi menjadi guru PAUD. Justru banyak yang kadang mencibir dan mempertanyakan jika guru PAUD itu profesi apa…??? Sebuah profesi yang tak bisa menghasilkan nilai uang yang banyak. Yaaa Sallammmmm… ..



Dan tentu profesi sebagai guru PAUD disebut pekerjaan yang jauh dari kata layak. Seolah-olah tenaga dan pikiran mereka tidak dinilai dan tidak pantas untuk dihargai. Mindset atau pola pikir semacam inilah yang kadang muncul dan berkembang di masyarakat di zaman lalu.

Padahal profesi yang tak mengenal tanda jasa ini adalah satu profesi yang sangat penting untuk meletakkan pondasi awal kepada anak. Para guru PAUD selalu menaruh harapan besar kepada anak-anak didiknya. Jika kelak dimasa depan, mereka para AUD akan menjadi generasi penerus yang unggul dan berkualitas.

Modal seorang guru PAUD tidak hanya sekedar memiliki kemampuan bernyanyi, menari dan bertepuk tangan seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Akan tetapi jauh dari pada itu, menjadi seorang guru anak usia dini harus benar-benar siap lahir batin serta mental yang kuat.

Menjadi seorang guru PAUD akan menjadi sosok teladan bagi anak-anak didiknya. Secara psikologis, fase Anak Usia Dini adalah pribadi yang cerdas dalam meniru. Tindakan apapun yang dilakukan oleh guru, langsung atau tidak, tindakan itu akan ditiru dan diciplak oleh anak.
Guru buat anak usia dini adalah sebuah patron yang dianggap kebenaran, hal baik dan tentunya sebuah kepercayaan.



Profesi guru AUD adalah kegiatan yang menjadi ladang pahala, seperti kata sahabat saya yang ber-profesi sebagai guru AUD. Katanya ;

“semata-mata bukanlah nilai materi yang menjadi tujuan kami saat menyampaikan ilmu kepada anak-anak didik, namun jauh daripada itu, besarnya keberkahan lah yang kami cari”.

Ahhhhh… Kamu Kreeeenn dehhhh…!!!

(Nopember ’19)

About SULHAN SAMMUANE

Selain Menulis dirinya juga dikenal aktif sebagai pemerhati pendidikan anak usia dini

Check Also

Kisah Tonggo, Pepa’ dan Ringis

TAYANG9– Suatu waktu, ada tiga sahabat yang pergi ke Gunung, namanya Pepa’, Tonggo dan Ringis. …

Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perubahan Penyelenggaraan Ujian Nasional

Penulis: Angga Setyadi. M. Limpukasi SUNGGUH suatu yg sangat kebetulan sekali ditengah pandemi corona yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KACO Siang itu, Kaco sala pa'dutang, tidak ada yang bisa dilakukan selain mamurrus. Dalam kecepatan 180 perjam, Kaco terpaksa ma'ondongngi appang bassi siola bala beke. Cicci yang menyaksikan itu hanya bisa tertawa terbahak. Belum selesai Cicci tertawa melihat kelakuan Kaco, Cicci juga kemudian mengangkat daster dan lari tunggang langgang. Jingkang dan meloncati petawung anna passukkeang. Cicci pikir Kaco lari karena dikejar anjing gila. Ternyata belakangan Cicci tahu kalau ternyata Kaco mamurrus karena hendak menuju pappelembangan karena nalulang setelah manggasa' kaweni pagi tadi.”.[yat teha]