BERITASTRAIGHT NEWS

Bawaslu Kabupaten Majene Kaji Banding di Bawaslu Polewali Mandar

Syahriadi, SH: Melihat dan Diskusi Terarah Keberhasilan Pilkada Polman 2018 lalu

POLMAN, TAYANG9 – Dipimpin Syarhriadi, SH., Koordinator Sekretariat Badan Pengawas Pemiluhan Umum (Bawaslu) Kabupaten Majene bersama sejumlah staf PNS dan Non PNS melaksanakan kaji banding ke kantor Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar yang terletak di kawasan Ruko Asri Polewali, Rabu 24 Februari 2021.

Dalam kunjungannya itu, Syahriadi mengaku berterima kasih, karena telah diterima baik oleh Bawaslu Polewali Mandar yang bahkan bukan saja unsur sekretariat, tetapi dalam acara itu pihaknya juga diterima langsung oleh, Saifuddin Ketua Bawaslu Polman, Usman, Suaib dan Sumarding ketiganya merupakan Pimpinan sekaligus koordinator divisi pada Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar.

“Alhamdulillah kami diterima dan disambut dengan begitu baik oleh sahabat kami di Bawaslu Polman ini. Mulai dari unsur ketua dan pimpinan hingga unsur sekeretariat Bawaslu Polman tampak antusias dan menerima kedatangan kami ini. Kaji banding kami ini selain dimaksudkan sebagai silaturrahmi, juga kami maksudkan untuk melihat dari dekat dan melakukan diskusi terarah diseputar tata kelolah kesekretariatan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Polman, utamanya terkait dengan penyelenggaraan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Polman pada tahun 2018 lalu”, urai Syahriadi.

Ditambahkannya, dalam kaji banding yang dilakukan pihaknya itu juga akan melihat dari dekat sistem pertanggung jawaban, baik kinerja penyelenggaraan Pemilukada Polman pada tahun 2018 lalu. “Juga untuk melihat secara detail tata kelola sekretariat Bawaslu Polman dalam membuat dan memformulasikan laporannya sehingga terbilang berhasil dibandingkan dengan kabupaten lain yang juga melakukan Pemilukada pada tahun 2018 lalu di Sulawesi Barat”, beber Syahriadi.

Hal itu penting bagi Bawaslu Majene, karena menurutnya, Bawaslu Kabupaten Majene pada tahun 2020 telah pula mengawal proses pengewasan penyelengaraan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Majene yang kini tengah berada dalam tahapan akhir, yakni pembuatan laporan penyelenggaraan pengawasan dan tata kelola kesekeretariatannya.

“Dalam hari-hari terakhir ini, kami amat sangat disibukkan dengan pelaporan, sehingga kami memandang amat urgen untuk datang ke Polman sama membaca dan melihat serta berdiskusi diseputar laporan penyelenggaraan pengawasan sebagaimana yang telah sukses dilewali oleh Bawaslu Polman pada tahun 2018 lalu”, ujar Syahriadi.

Sementara itu, Saifuddin Ketua Bawaslu sesaat sebelum menyerahkan cinderamata kepada Bawaslu Majene, mengaku beterima kasih atas silaturahmi yang dilakukan oleh unsur sekretariat Bawaslu Majene.

“Sebagai tuan rumah, kami menyambut sangat positif. Kami perlu jelaskan bahwa selama ini kami di Polewali Mandar telah memberdayakan semua staf yang ada dan tetap membangun komunikasi dan hubungan yang baik antar sesama. Dan khusus mengenai pelaporan, sedari awal kami selalu berupaya untuk transparan sehingga kami tidak menemui kendala berarti dalam pelaporan akhir. Sebagai manusia biasa, kami juga memohon maaf ketika ada sesuatu yang tidak berkenan dalam penyambutan kami. Tapi kami mau mengatakan bahwa inilah kami di Bawaslu Polman,” ujar Saifuddin.

Senada dengan itu, Suaib pimpinan Bawaslu Polman yang juga Kordiv Penyelesaian Sengketa juga mengaku bersyukur karena Bawaslu Majene berkenan hadir di Bawaslu Kabupaten Polman.

“Terkait pelaporan, kami memiliki laporan divisi dan ada juga laporan kinerja kelembagaan yang dalam pengerjaannya kami sangat memanfaatkan staf yang ada. Karena kami meyakini, tanpa staf laporan kami tidak akan selesai. Di Polman kami tidak mengedepankan kerja sektoral, meskipun kami tidak sama divisi tapi kami tetap mencari waktu untuk membantu divisi lain ketika divisi tersebut sibuk. Harapan kami, untuk jangan ada kerja sektoral, jangan hanya membantu satu divisi tapi kerjalah ke semua pimpinan dan kesekretariat. Dan kami memahami, Bawaslu Majene dalam pengawasannya juga luar biasa telah bekerja maksimal. Itu tampak kompak staf sekretariat dalam bekerja”, beber Suaib.

Dalam kesempatan yang sama, Usman pimpinan yang juga Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Polman mengatakan, bahwa hal yang penting dalam kelembagaan Bawaslu adalah loyalitas pada komitmen dan regulasi.

“Loyalitas adalah yang selalu kami tekankan kepada staf kami. Utamanya dalam setiap pekerjaan dan saling memberikan suppor dan saling bekerja tim. Jangan menunda pekerjaan karena kapan menunda, maka pekerjaan lainnya di belakang akan datang dan menumpuk. Kita dituntut untuk bekerja penuh waktu sehingga kita harus bekerja dengan kompak tanpa memandang latar belakang satu sama lain”, tandas Usman sebelum akhirnya dilakukan pembacaan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Saifuddin Ketua Bawaslu Polman.[/**]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button