BERITASTRAIGHT NEWS

Bawaslu: Dedikasi dan Soliditas Pengawas Adalah Mutlak

TAYANG9-Tidak ada alasan bagi pengawas pemilu untuk tidak memiliki, dedikasi yang tinggi, bahkan dedikasi pengawas harus lebih diatas melampau dedikasi penyelenggara pemilu lainnya.

Begitu salah satu benang merah pernyataan Ketua Bawaslu Polman, Saifuddin saat memberikan sambutan pembukaan acara Peningkatan Kapasitas Pengawasan Pemilu Tahun 2019 yang dihelat di salah satu hotel di Polewali, Sabtu 16 Maret 2019.

Dalam acara yang dihelat selama dua hari itu dan akan berakhir Minggu, 17 Maret 2019 itu Saifuddin mengatakan, pentingnya pengawas pemilu disemua level memiliki dedikasi yang tinggi.

“Sejatinya Panwascam itu harus punya dedikasi lebih diatas dari pada KPU, karena bagaimana mungkin dia mau mengawasi KPU kalau dia tidak mengerti aturannya,” beber Saifuddin.

Dalam acara pembukaan yang berlangsung siang tadi, Saifuddin juga menghimbau agar penyelenggara pemilu senantiasa mengedepankan solidaritas kelembagaan.

“Jadi kalau ada Panwascam, orang yang paling pintar, yang paling menguasai aturan tapi kalau dia tidak mau membangun hubungan emosional dengan teman-temannya, pasti tidak jalan, pasti konflik,” ujarnya

Karenya menurut dia, hal yang amat penting dan mestinya itu yang pertama adalah bagaimana pengawas membangun soliditas.

“Ternyata memang esensi lembaga Pemilu ini, khususnya Bawaslu kunci utamanya itu, adalah solid, sehingga memang ketika dijalankan sesuatu dengan solid, itulah kunci utamanya untuk menjalankan roda organisasi,” urainya.

Dalam sambutannya, Saifuddin juga meminta secara khusus kepada sejumlah Panwas kecamatan se-Polewali Mandar agar menjadikan Pengawas Pemilu sebagai tolak ukur SDM Pemilu yang mempuni dan berintegritas.

Patut dicatat, pada acara pembukaannya, selain dihadiri ketua Bawaslu tampak pula hadir unsur Pimpinan Bawaslu Polman, Suaib dan Sumarding.

Sedangkan peserta yang dihadirkan pada acara itu terdiri para Ketua Panitia Pengawas Kecamatan se-Kabupaten Polewali Mandar yang membidangi divisi SDM dan Organisasi beserta staf divisi pengawasan, humas dan hubal serta divisi SDM dan Organisasi.

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button