Rabu , Oktober 21 2020
Home / BERITA / Resmi Dikukuhkan, Komunitas ‘Jaga Pemilu’ Bawaslu Polman

Resmi Dikukuhkan, Komunitas ‘Jaga Pemilu’ Bawaslu Polman

POLMAN TAYANG9 –  Akhirnya setelah sekira sebulan terbentuk dan menggelar kegiatan ‘gowes’ bersama Komunitas Jaringan Keluarga Pesepeda Bawaslu ‘Jaga Pemilu’ Polewali Mandar secara resmi di kukuhkan keberadaannya oleh Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat Awaluddin Mustafa, SE., M.Si , Jumat 11 September 2020 di pelataran parkir kantor Bawaslu Polewali Mandar.

Dalam acara pengukuhan yang dirangkaikan dengan acara ‘gowes’ bersama keliling kota Polewali itu hadir pula Saifuddin Ketua Bawaslu Polman, Arham Syah dan Usman keduanya pimpinan Bawaslu Polman dan koordinator sekretariat serta sejumlah staf Bawaslu Polman dan staf Bawaslu Provinsi Sulbar.

Dalam pengarahan pengukuhannya, Awaluddin mengaku bangga karena kendati ditengah pandemi Covid-19 dan tidak sedang dalam tahapan Pemilu dan Pemilukada, Bawaslu Polman tetap mampu mendorong sejumlah program sesuai standar protokol kesehatan yang ada.

“Saya bangga dengan Bawasu Polman, karena kendati ditengah pandemi dan tidak dalam tahapan Pemilu dan Pemilukada, tetap bisa eksis dengan program kerja. Salah satunya program bersepeda Bawaslu Polman ini yang merupakan respon atas ide kreatif sekretaris jenderal Bawaslu RI yang menggalakkan olah raga untuk menjaga imunitas sembari menyosialisasikan kerja-kerja pengawasan Bawaslu kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Awaluddin ‘Jaga Pemilu’ dimaskudkan membangun tali silaturrahmi internal dan eksternal Bawaslu. “Saya kira keluarga besar Bawaslu Polman telah memahami tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada publik. Termasuk dengan membangun komunikasi dan silatturrhami intensif dengan berbagai pihak terkait kerja-kerja pengawasan. Ini adalah bahagian dari tanggung jawab dan peran kita,” urainya sesaat sebelum rombongan ‘Jaga Pemilu’ Bawaslu Polman bergerak mengayuh sepeda mengitari kota Polewali.

Lanjut Awaluddin, dalam pemberian pelayanannya, Bawaslu diharapkan menjaga tampilannya sehingga peran pelayanan bisa maksimal kepada masyarakat. “Kesan pertama yang perlu menjadi perhatian kita adalah pandangan dari masyarakat. Karenanya penting bagi kita untuk saling menjaga, meskipun dalam lembaga ini sudah diatur tugas masing-masing. Saya berharap dalam tugas kita lebih menjunjung tinggi, pertanggung jawaban tata kelola keuangan, transparansi, kebersamaan dan kekeluargaan. Artinya diantara kita jangan ada sekat. Mari bahu membahu melaksanakan tugas kita dalam menyukseskan tugas kita masing-masing,” ungkapnya.

Protokol Kesehatan

Dalam kesempatan itu Awaluddin juga meminta, Bawaslu Polman menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas-tugas pelayanannya.

“Tetap patuh protokol kesehatan adalah hal yang mendasar. Mengingat kerja-kerja kita di tengah pandemi ini syarat dengan kemungkinan-kemungkinan dan resiko kesehatan. Mari tetap menjaga kebersihan, selain karena pesan kesehatan, juga karena kita berkewajiban memberikan pelayanan kepada publik. Ingat kita akan diperhatikan pihak luar yang memiliki kepentingan pelayanan. Sehingga tampilan kantor menjadi teramat penting untuk kita maksimalkan,” urainya.

Terkait keberadaan Komunitas ‘Jaga Pemilu’ yang telah dikukuhkan Awaluddin meminta kepada Bawaslu Polman, tetap bisa melaksanakan kerja-kerja sosialisasi dengan melibatkan lebih banyak komunitas pesepeda termasuk dari luar Bawaslu Polman.

“Penting ada pelibatan dari komunitas luar untuk kita sama-sama bergerak menggalakkan kesehatan seraya rekreatif dengan metode yang murah meriah melalui bersepada ini. Kita berharap pelibatan itu kita lakukan agar pihak luar juga sama belajar dengan kita tentang dunia pengawasan kepemiluan yang menjadi tanggung jawab kita,” beber Awaluddin.

Patut diketahui, seusai melakukan pengukuhan komunitas ‘Jaga Pemilu’ Bawaslu Polman, Awaluddin juga melepaskan secara resmi gowes pagi jumat itu yang juga dirangkaikan dengan pembagian buletin pengawasan Bawaslu Polman ke sejumlah masjid dan ziarah di makam tokoh yang dipandang telah berperan dalam pengembangan keagamaan di Polewali.

Bahkan dalam agenda bersepeda yang start dan finish di Bawaslu Polman itu, komunitas ‘Jaga Pemilu’ Bawaslu Polman bersama Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat juga secara khusus mengunjungi salah satu warga di Manding yang baru saja diamputasi kakinya untuk memberikan bantuan sedekah jumat kepadanya.[*/rls]

About EDITOR

Redaksi Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Check Also

Pengurus LMND Eksekutif Kota Polewali Mandar Terbentuk

POLMAN, TAYANG9 – Akhirnya Ame terpilih sebagai ketua Pengurus eksekutif Liga mahasiswa Nasional untuk Demokrasi …

‘Manyang Mammis’ dan Kunjungan Tim NMC Pamsimas Pusat

POLMAN, TAYANG9 – Tenaga ahli WSS dari NMC Pamsimas Pusat Aan Juansyah saat berkunjung ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KACO Siang itu, Kaco sala pa'dutang, tidak ada yang bisa dilakukan selain mamurrus. Dalam kecepatan 180 perjam, Kaco terpaksa ma'ondongngi appang bassi siola bala beke. Cicci yang menyaksikan itu hanya bisa tertawa terbahak. Belum selesai Cicci tertawa melihat kelakuan Kaco, Cicci juga kemudian mengangkat daster dan lari tunggang langgang. Jingkang dan meloncati petawung anna passukkeang. Cicci pikir Kaco lari karena dikejar anjing gila. Ternyata belakangan Cicci tahu kalau ternyata Kaco mamurrus karena hendak menuju pappelembangan karena nalulang setelah manggasa' kaweni pagi tadi.”.[yat teha]