BERITASTRAIGHT NEWS

Sumarding: Pengawasan Pemilu Partisipatif Adalah Keniscayaan

MAMUJU, TAYANG9 – Kesuksesan pengawasan pemilu sangat ditentukan oleh tingkat keterlibatan warga dalam mengawasi keseluruhan tahapan pemilu. Pernyataan itu dilontarkan, Sumarding anggota Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar disela-sela kehadirannya mengikuti acara rapat koordinasi program kegiatan Bawaslu tahun 2020 di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Mamuju, Kamis 12 Maret 2020 siang tadi.

Dikatakan Sumarding, keterlibatan warga dalam ikut melakukan pengawasan pada penyelenggaraan pemilu adalah hal yang niscaya. Mengingat, kesuksesan pemilu salah satu alat ukurannya adalah tingginya tingkat partispasi warga.

“Pengawasan pemilu partisipatif adalah sebuah keniscayaan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. Karena Pemilu adalah juga bisa dimaknai sebagai momentum pengejewantahan demokrasi dari warga oleh warga dan untuk warga. Karenanya semakin terlibat warga dalam setiap tahapan pemilu, maka nilai keberhasilannya-pun akan kian dapat terapresiasi dan terukur baik,” urainya.



Sumarding yang juga adalah koordinator divisi pengawasan Bawaslu Polewali Mandar ini lebih jauh mengatakan, walau Polewali Mandar, kini tidak sedang dalam tahapan penyelenggaraan pemilu, namun lembaganya tetap memanfaatkannya dengan menguatkan dorongan pelibatan warga dalam pengawasan pemilu.

“Betul memang, Polman tidak sedang dalam tahapan penyelenggaraan pemilu, namun kami secara kontinyu tetap turun bersama warga untuk sama membangun kesadaran bersama akan pentingnya menyukseskan pengawasan pemilu. Hal ini tentu saja bermakna, ke depan tatkala Polman kembali berada dalam tahapan pemilu warga telah memiliki modal dan bekal kecakapan serta pemahaman untuk terlibat langsung dalam pengawasan dan pemantauan berjalannya penyelenggaraan pemilu,” ungkapnya.

Rapat Koordinasi program kegiatan Bawaslu tahun 2020 di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Kamis 12 Maret 2020

Salah satu bentuk keseriusan Bawaslu Polman dalam mendorong kesadaran pertisipasi dan pelibatan itu adalah, dalam merumuskan program kegiatan Bawaslu Polman tahun 2020 ini pihaknya, selalu menempatkan warga masyarakat sebagai bahagian yang harus mendapatkan porsi sentuhan yang lebih.



“Nyaris semua rumusan program kegiatan kami di tahun 2020 ini, pelibatan warga menjadi bahagian yang selalu kami kedepankan. Karena kami sadar betul, bahwa upaya menyiapkan dan membekali masyarakat dengan pemahaman pengawasan pemilu itu adalah salah satu hal inti dari kerja-kerja kami di Bawaslu. Nah, mumpun kami tidak sedang dalam tahapan, maka kami manfaatkan baik kesempatan ini untuk membangun sinergitas yang erat dengan berbagai pemangku kepentingan kepemiluan. Tentu saja dengan melihat beragam segmen dan level serta profesi di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Sekedar diketahui, dalam rapat koordinasi program kegiatan Bawaslu tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat dan berlangsung sehari itu, selain dihadiri oleh Sumarding anggota Bawaslu Polman, Ketua Bawaslu Polman Saifuddin, Usman dan Suaib juga anggota Bawaslu Polman hadir dan terlibat dalam diskusi dan ikut memberikan kontribusi pemikirannya dalam kegiatan yang muatan utamanya adalah singkronisasi program dengan pihak Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat. [**]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button