BERITASTRAIGHT NEWS

Sulfan: Bawaslu Perlu Lakukan Pemetaan TPS Rawan

TAYANG9– Bawaslu perlu lakukan pemetaan kerawanan pemilu, termasuk peta potensi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dianggap rawan.

Begitu yang disampaikan Sulfan Sulo, Ketua Bawaslu Sulawesi Barat saat menjadi pembicara pada acara Bimtek penanganan pelanggaran yang dihelat oleh Bawaslu Polewali Mandar malam ini, 21 Februari 2019.

Dikatakannya, peta kerawanan itu penting untuk memudahkan pengawas dalam melakukan pengawasan.

“Saya kira penting kita memiliki peta, termasuk peta TPS yang rawan. Karena dengan demikian kita bisa memberikan perhatian khusus dalam pengawasan pada wilayah yang dianggap rawan itu,” ujar Sulfan.

Dikatakannya, pemetaan kerawanan itu bisa berdasar pada data pemilu sebelumnya, termasuk melihat sejarah wilayah dimana TPS itu ditempatkan.

Dalam kesempatan yang sama, Sulfan juga mengatakan, “setelah peta itu ada, maka penting kita melakukan pencegahan sejak dini. Dan memastikan segenap sarana prasarana di TPS itu telah memenuhi standar. Termasuk memastikan akurasi data pemilih”.

Karena begitu data pemilih tidak akurat, maka potensi kerawanan itu akan kian potensial.

“Kita berharap akurasi data pemilih itu kian bagus, dan ini bisa kita lakukan pencegahan dari awal. Agar semua tahapan pemilu kita kian berkualitas,” beber Sulfan.

Lanjut Sulfan, variabel lainnya kerawanan TPS itu selain akurasi data adalah, penggunaan hak pilih atau hilangnya hak pilih, politik uang, netralitas dan pada saat pemungutan suara.

“Nah, semua ini penting kita perhatikan, khususnya kita sebagai pengawas harus tetap setia menjaga integritas kita. Tentu saja didukung dengan kemampuan dan kecakapan kita dalam memahami regulasi,” urai Sulfan.

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button