BERITASTRAIGHT NEWS

Posko KKN Unasman Pulliwa dan Ihing Gelar Pelatihan

Kuatkan Bumdes dan Aparatur Desa

POLMAN, TAYANG9 – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Multitematik angkatan 33 Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) yang berposko dalam wilayah Kecamatan Bulo menggelar pelatihan Badan Usaha milik desa (Bumdes) dan pelatihan aparat desa di dua tempat yakni, di kantor Desa Ihing dan kantor Desa Pulliwa, Kamis 10 September 2020.

Kepala Desa Ihing, Jalal mengaku sangat membutuhkan bantuan dari sejumlah pihak utamanya terkait dengan penatakelolaan Bumdes. Karenanya pihaknya merasa terbantu dengan kegiatan yang digelar oleh mahasiswa KKN Unasman itu.

“Sebenarnya, Bumdes kami ada. Namun kami masih ragu memberi bantuan dari segi modal, karena memang pengelola Bumdes belum mampu meyakinkan pihak desa bahwa desa memang butuh Bumdes agar masyarakat bisa lebih sejahtera. Kami butuh dibantu,” tutur Jalal bersemangat.

Senada dengan Jalal, kepala Desa Bulo Edi juga mengaku, kehadiran KKN Unasman telah banyak membantu pihaknya, utamanya terkait dengan pemetaan potensi yang ada di Desa Bulo.

“Jujur kami belum tahu keunggulan desa kami (Bulo-red) karenanya kehadiran program unggulan KKN Multitematik angk 33 yang terdiri dari jurusan ilmu pemerintahan, jurusan sistem informasi dan jurusan teknik informatika bagi kami cukup membantu kami dalam mengelola program unggulan kami di desa ini. Harapannya, desa kami tetap mendapatkan pendampingan, karena sungguh kami butuh pendampingan,” ungkap Edi.

Dalam kesempatan yang sama, Basri Baba direktur lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Unasman mengajak pihak desa untuk bekerjasama membangun desa melalui Bumdes.

“Nanti kita bantu mulai dari awal. Jika desa belum punya Bumdes, kita bantu pembentukan hingga berjalannya kegiatan Bumdes tersebut sambil melihat peta potensi apa yang dimiliki oleh desa,” ujar Basri.

Sementara itu, Wakil Dekan Fisip Unasman Mukhlis Hannan mengaku bahwa kegiatan yang KKN Unsamn kali ini mendapatkan sambutan yang antusias dari pihak desa maupun pihak kampus.

“Ini akan menjadi jembatan kegiatan berlanjut agar desa juga melihat peluang besar bagaimana mengajari masyarakat bermental wirausahawan,” urai Muhlis Hannan.

Selain Basri Baba dan Mukhlis Hannan pada dua kegiatan itu hadir pula, Naim Irmayani Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kecamatan Bulo bersama A. Akhmad Qaslim Dosen Pendamping DPL Kecamatan Bulo serta Abdul Khalik dari Dinas PMD Pemkab Polman yang juga merupakan dosen Unasman. [*/rls]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button