ADVETORIALBERITASTRAIGHT NEWS

Majene Berpotensi Penyuplai Bahan Pangan ke Calon IKN Baru

Ahmad Rafly Nur : Majene Memiliki Pelabuhan Penumpang dan Barang

MAJENE, TAYANG9 – Kabupaten Majene dalam wilayah Provinsi Sulawesi Barat yang secara historis berada diantara Selat Makassar yang memisahkan antara pulau Kalimantan dan pulau Sulawesi. Dengan kata lain Kabupaten Majene sangat dekat dengan calon Ibu Kota Negara.

Dengan kondisi tersebut, Kabupaten Majene berpotensi sebagai daerah penyuplai bahan pangan untuk menyangga Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur.

“Majene dengan kondisi topografi yang berbukitan memiliki potensi besar dalam pengembangan komoditi pertanian dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan calon Ibu Kota Negara baru nantinya”, ungkap Ahmad Rafly Nur Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Majene saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/03).

Selain itu, lanjut Ahmad Rafly Nur, pengiriman barang antar pulau lebih membutuhkan waktu lebih singkat dari Kabupaten Majene ke Calon Ibu Kota Negara.

“Majene juga memiliki pelabuhan penumpang dan barang yang jarak tempuhnya lebih singkat, sehingga pengiriman barang khususnya hasil komoditi Pertanian tidak banyak mengalami kerusakan pada saat sampai ke calon Ibukota Negara”, tutup Ahmad Rafly Nur yang Kepala Dinas Kominfo Kab. Majene.

Dirinya menambahkan jika komoditi pangan, perkebunan, holtikultura dan peternakan mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam pengembangan pertanian baik di regional maupun di tingkat nasional.

“Semoga kedepannya Kabupaten Majene mampu menjadi daerah yang bisa menyuplai kebutuhan baik di daerah sendiri ataupun luar daerah dan mampu mewujudkan ketahanan pangan di sektor pertanian”, pungkasnya. (irw/**)


Laporan : Irwan
Editor : Redaksi

IRWAN

Seorang yang bukan siapa-siapa namun untuk mengingat sejarahnya memilih untuk menulis

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button