BERITASTRAIGHT NEWS

Perkuat Partisipasi Pengawas, Bawaslu Polman Undang Berbagai Pihak dari Dapil IV

POLMAN, TAYANG9 – Kendati tidak dalam tahapan pengawasan penyelenggaran pemilu namun Bawaslu Polman tetap getol melakukan kegiatan dengan menyasar berbagai elemen masyarakat.

Terbukti, hari ini Rabu, 11 Maret 2020 di salah satu hotel di Wonomulyo, kembali Bawaslu Polman menggelar kegiatan Sosialisasi pengawasan partisipatif dengan menghadirkan sejumlah elemen masyarakat yang ada dalam daerah pemilihan (dapil) IV Polewali Mandar, meliputi Anreapi, Matakali, Matanganga, dan Tapango.

Arham Syah, Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Polman, kepada media mengatakan, kegiatan dimaksudkan sebagai upaya membangun kesadaran massif masyarakat terhadap pentingnya ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu dalam berbagai level.

“Kami saat ini sengaja memasuki semua elemen masyarakat, kendati kita tidak sedang dalam tahapan. Dan ini adalah cara kami melakukan penyiapan menyongsong penyelenggaraan pemilu ke depan dengan membangun kesadaran partisipasi masyarakat sejak dini,” beber Arham Syah.



Dikatakannya sebelum Bawaslu kabupaten kota dipermanenkan semua kegiatan pengawasan langsung terhenti begitu tahapan selesai. Namun saat ini sudah beda, karena posisi Bawaslu kabupaten kota tidak lagi adhoc.

“Jadi tanpa tahapan pun kami bekerja serius dan massif menyentuh berbagai elemen masyarakat. Inilah yang membedakan Bawaslu pasca dipermanenkan. Selama ini kita hanya menyentuh kala ada tahapan sekarang sudah lain. Kita berharap ada penyadaran pada masyarakat jauh hari seebelum kita memasuki tahapan,” urai Arham Syah serius.

Dalam kesempatan yang sama, Usman Kordiv hukum humas hubal Bawaslu Polman, mengatakan sejumlah kegiatan telah dirancang untuk dilaksanakan sepanjang tahun 2020 ini.

“Kegiatan kali ini adalah rangkaian kegiatan yang telah kami rancang sebelumnya dan semua itu dimaksudkan dalam rangka penguatan demokrasi di tingkat lokal. Sekaligus penjelasan kepada publik betapa pentingnya keberadaan Bawaslu kabupaten kota dipermanenkan. Mengingat kerja-kerja pengawasan tidak melulu hanya pada tahapan. Tetapi upaya menyiapkan perangkat pengawasan dan updating data pengawasan penting dilakukan secara kontinyu,” urai Usman.

Hadir dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung sehari itu, Sakinah Asisten Bupati Kabupaten Polewali Mandar dan Andi Rannu Komisioner KPU Polman bersama Saifuddin ketua Bawaslu Polman dan Suaib Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Polman.

Khusus peserta yang berasal dari dapil IV terdiri dari tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, unsur desa dan sejumlah ASN yang ada wilayah dapil IV. [**]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button