ADVETORIALBERITASTRAIGHT NEWS

Lima Tenaga Pendidik di Mamuju Siap Ikut kompetisi Nasional

Mamuju – Tayang9 – Bupati Kabupaten Mamuju Habsi Wahid, secara resmi melepas Lima orang tenaga pendidik dari  Mamuju, yang sebelumnya berhasil meraih predikat terbaik pada pemilihan Pengawas, guru serta kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2019, dan akan kembali mengikuti Kompetisi serupa di tingkat Nasional, Rabu, 07/08/19.

Dalam acara pelepasan yang dikemas dalam nuansa kekeluargaan diselingi diskusi ringan dengan para juara dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Mamuju Murniani tersebut, juga dihadiri oleh lima orang tenaga pengajar lainnya yang berhasil meraih juara kedua dalam ajang yang sama.

Bupati Kabupaten Mamuju Habsi dalam kesempatannya mengaku sangat mengapresiasi atas pencapaian sejumlah tenaga pendidik di Bumi Manakarra, ia menilai dengan keberadaan kepala sekolah, guru maupun pengawas yang memiliki SDM diatas rata-rata tentu akan menjadi salah satu indikator meningkatnya kualitas pendidikan di Mamuju,

“Kalau tenaga pendidiknya sudah mampu memperlihatkan prestasi seperti ini tentu ini adalah indikasi bahwa pendidikan kita masih terus membaik ditengah keterbatasan yang kita miliki,” ucap Habsi.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa, meski demikian ia juga menghimbau agar tidak terlena dengan pencapaian itu. menurutnya OPD terkait harus dapat terus berbenah salah satunya dengan membenahi  program pengembangan SDM, baik guru, pengawas, kepala sekolah maupun para anak didik.

Agar kualitas pendidikan kita nantinya, dapat terus meningkat yang ditandai juga dengan hasil UNBK yang tidak hanya sebatas dilakukan dengan jujur namun telah berprestasi,” tutupnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Guru SMP Papalang Hilman mengutarakan bahwa sesungguhnya kualitas SDM tenaga pendidik di Kabupaten Mamuju sangat kompetitif, dan mampu bersaing dengan tenaga seprofesi di daerah lain.

Hal ini terbukti hal ini terbukti dari pencapaian Mamuju dalam pemilihan pengawas, guru dan kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2019, dimana 5 orang berhasil meraih juara pertama dan lima orang dengan nilai yang nyaris sama menempati posisi kedua, ini membuktikan SDM kita juga bisa diandalkan,” kata Hilman.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa meski dalam ujian nasional di Mamuju nilai kelulusan masih rendah, namun bukan berarti  mutu pendidikan di daerah ini kurang, karena sesungguhnya hal ini di pengaruhi proses yang dilakukan telah menerapkan ujian berbasis komputer (UNBK), yang mengedepankan kejujuran dengan hasil indeks kejujurannya mencapai 99%.

“Ini telah baik tinggal bagaimana benar-benar mempersiapkan anak didik kita, untuk menghadapi ujian berbasis komputer, karena harus diakui bahwa mereka tidak semuanya telah mengenal baik cara mengoperasikan komputer, sementara masih ada daerah lain yang menggunakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP), dan secara umum daerah yang melaksanakan UNBK memang tingkat kelulusannya terbilang rendah dari pada yang menggunakan UNKP,” tutupnya.

Untuk diketahui kelima tenaga pendidik yang akan ikut ke tingkat Nasional Abdul Razak, (Pengawa SD), Irwan (Pengawas SMP), Jufri ( Guru SD Panamba), Hilman (Guru SMP Papalang) dan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Kalumpang Monalisa,(*)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button