BERITA

Lagi, GSC Gelar Pelatihan Penulisan, Camat Binuang: Warga Harus Bijaksana dalam Mengelola Informasi

tayang9.com, Binuang – Meningkatkan minat serta bakat masyarakat dalam penulisan adalah salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia dalam pemberdayaan masyarakat. Hal ini telah dilakukan oleh pelaku
pemberdayaan program generasi sehat cerdas (GSC) wilayah Kecamatan Binuang melalui pelatihan Penulisan untuk warga desa. Kegiatan ini merupakan rentetan kegiatan GSC, yang sebelumnya telah dilaksanakan dibeberapa kecamatan di Kabupaten Polewali Mandar

Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung Aula Eranbatu Desa Batetangga, dibuka langsung oleh Camat Kecamatan Binuang, Budiaty Bestari S.sos, M si. Dalam sambutannya, dirinya menghimbau kepada peserta agar bijaksana dalam mengelola informasi, pada hari Selasa (21/11)

“Pemamfaatan media informasi saat ini sangatlah penting, utamanya yang menyangkut perkembangan desa, karena dari informasi itulah orang-orang bisa tahu apa yang terjadi di desa. Untuk itu, masyarakat juga harus pandai-pandai memilah informasi, jangan langsung menerima begitu saja” ucap Camat Binuang lulusan Komunikasi Unhas ini.

Hal yang sama juga, lanjut Budiaty Bestari, bahwa selain menerima informasi, warga yang menyebarkan atau memberikan informasi kepada publik, sebaiknya juga memahami aturan atau etika dalam menyebarkan informasi.

“Ini penting bagi warga yang punya akses luas terhadap informasi, seperti warga yang sering aktif di media sosial. Warga harus bijak dalam memberikan informasi, sebab sudah ada aturan yang mengatur tentang penyebaran informasi. Kalau ada warga yang memberikan informasi bohong atau fitnah apalagi menyebut oknum, warga bisa berhadapan dengan hukum” ungkap Budiaty Bestari.

Kegiatan pelatihan pengembangan media komunitas dengan materi penulisan best practice atau penulisan tentang kisah sukses program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh GSC, dibawakan langsung oleh narasumber penggiat media, Sulhan Sammuane dari Media online tayang9.com.

Saharuddin Baco SS, selaku Fasilitator GSC Kecamatan Binuang menjelaskan bahwa output dari kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada masyarakat desa dalam mengelola informasi di desa dan menumbuhkan semangat untuk menulis.

“Program ini (GSC red.) berharap masyarakat bisa memahami mamfaat media komunitas, sehingga kedepan warga mudah mendapatkan akses informasi seputar perkembangan dan potensi yang ada di masing-masing desa”, terang Saharuddin.

Peserta Pelatihan Penulisan Pengembangan Media Komunitas, Program GSC Kecamatan Binuang.

Ditempat yang sama, Mahmud S Pdi salah satu peserta dari Desa Tonyaman yang ikut dalam pelatihan tersebut, sangat mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan pengembangan media komunitas untuk warga.

“Kegiatan ini sangat positif buat warga desa, sebab tadinya kami tidak tahu cara menulis berita, sekarang kami sudah bisa menulis tentang desa kami” ungkap Mahmud yang juga Sekdes Desa Toyaman ini

“Kami juga berharap semoga pengambil kebijakan di desa bisa memfasilitasi untuk pembuatan media komunitas ini, agar ilmu yang diperoleh pada pelatihan bisa diimplementasikan secara nyata dan tidak sia-sia”, tambahnya kepada tayang9.com.

Komentar yang sama juga disampaikan oleh Salpida, peserta yang berasal dari Desa Mirring mangatakan bahwa kegiatan program GSC sangat dirasakan mamfaatnya oleh warga, termasuk pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan serta pelayanan sosial dasar bagi warga.

“Kami selaku warga berharap agar GSC bisa terus berlanjut, karena mamfaatnya sangat dirasakan oleh warga. Terutama bagi warga penerima mamfaat pelayanan program serta masyarakat secara umum yang masuk dalam wilayah sasaran program ini”, pungkas Pengguna nama facebook Salpida Arwi ini.

SULHAN SAMMUANE

Selain Menulis dirinya juga dikenal aktif sebagai pemerhati pendidikan anak usia dini

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button