ADVETORIAL

DPRD Majene Terima Ranperda APBD Perubahan 2020 untuk Dibahas

Majene, Tayang9 — Setelah penandatanganan kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUA) serta Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan tahun 2020 diserahkan Pemkab Majene ke DPRD Majene.

Ranperda APBD Perubahan diserahkan oleh Wakil Bupati Majene, Lukman, dalam rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Majene, Senin (14/9). Dalam rapat Paripurna dipimpin oleh wakil Ketua I DPRD Majene, M.Idwar yang didampingi Wakil Ketua II, Adi Ahsan serta dihadiri oleh 13 anggota DPRD Majene serta Pimpinan OPD Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sekaligus Pejabat Sekda Majene, Masriadi Nadi Atjo dan Forkopinda Majene.

Wakil Bupati Majene, Lukman dalam sambutannya mengatakan, ditahun 2020 dipenuhi dengan gelombang pasang surut dalam merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Hal ini sebagai bentuk proses yang harus dilakukan dalam menjalankan roda pemerintahan di masa pandemi covid 19.

“Dimasa pandemi ini Pemkab banyak melakukan penyesuaian-penyesuaian atau refokusing anggaran daerah. Hal ini sebagai bentuk upaya penanganan serta pencegahan penyebaran Covid-19 pada sektor kesehatan, ekonomi dan sosial,” terang Wakil Bupati Majene.

Lukman melanjutkan, bahwa secara garis besar target pendapatan daerah pada Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp907.555.119.405, terdapat pengurangan dari APBD pokok sebesar Rp81.557.113.916.

Untuk belanja daerah ditarget sebesar Rp908.560.119.405. terdapat penurunan belanja sebesar Rp81.557.113.000. Pembiayaan daerah disisi terdapat pembiayaan netto sebesar Rp1.010.000.000, dimana pembiayaan ini terjadi perubahan pada APBD pokok.

“Pada rancangan Perubahan APBD proses merupapakan proses bersama untuk kepentingan masyarakat, antara pihak eksekutif dan legislatif. Ini bertujuan untuk mempertajam program kegiatan yang terkait dengan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Kabupaten Majene dimasa pandemi”, terangnya

Disaat yang sama tiga fraksi yang ada di DPRD Majene saat menyampaikan pemandangan umum menyatakan setuju Rancangan APBD Perubahan untuk segera dibahas bersama DPRD, meskipun ada beberapa catatan yang masih perlu diperbaiki. (**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button