BERITASTRAIGHT NEWS

Walhi Ajak Jurnalis Bicarakan Kekerasan Aparat Terhadap Rakyat

Konferensi Pers Digelar Secara Daring

LIMA orang penyintas bencana alam, gempa bumi, stunami dan liquifaksi dari Donggala, Sulawesi Tengah ditangkap oleh aparat kepolisian setelah melakukan tuntutan atas kepastian hak dari pemerintah Kabupaten Donggala, 27 September lalu.

Meski telah dibebaskan bersyarat dan dugaan terdapat tindak kekerasan terhadap lima orang massa aksi saat ditahan, namun menggambarkan negara dan pemerintah masih memperlakukan represif bagi rakyat dalam menyampaikan tuntutan hak-hak dasarnya.

Selain dari Donggala, penangkapan juga datang dari Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Desa Toruakat yang melakukan protes terhadap terhadap aktivitas perusahaan pertambangan PT. Bulawan Daya Lestari yang telah masuk wilayah mereka dan diduga tidak memiliki izin sejak dari tahun 2019, dan berujung pada tewasnya seorang warga diduga kuat bernama Armando Damapolii, warga Desa Toruakat dan mengakibatkan beberapa orang warga terluka akibat konflik yang melibatkan preman dan kepolisian.

Ini yang kemudian menjadi alarm terhadap kebebasan berpendapat dan perjuangan dalam menuntut hak.

Kasus ini merupakan sebagian kecil dari ancaman penurunan demokrasi khususnya di Sulawesi.

Olehnya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Region Sulawesi, terdiri: Walhi Sulawesi Tengah, Walhi Sulawesi Utara, Walhi Sulawesi Selatan dan Walhi Sulawesi Tenggara, menuntut :

1). Hentikan Kekerasan Terhadap Rakyat Atas Nama Investasi di Sulawesi.

2). Usut tuntas dan hukum dugaan kekerasan aparat, baik dugaan penganiayaan maupun dugaan penembakan.

Sehungan dengan hal di atas Walhi Region Sulawesi Mengajak rekan wartawan atau jurnalis untuk ikut ambil bagian dalam acara konferensi pers yang akan kami laksanakan pada:

Kamis, 30 September 2021
Pukul 15.00 – selesai WITA

Zoom Meeting
Meeting ID: 894 8382 9268
Passcode: 579778

Konferensi pers ini juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube WALHI Sulawesi Selatan

Hormat Kami,
1. WALHI Sulawesi Tengah
2. WALHI Sulawesi Utara
3. WALHI Sulawesi Selatan
4. WALHI Sulawesi Tenggara


Sumber: Release Walhi Region Sulawesi

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button