BERITASTRAIGHT NEWS

Selamatkan Pesisir, Pemuda Sendana Lakukan Penanaman Mangrove di Pantai Rawan Abrasi

MAJENE– Untuk menyelamatkan Pesisir yang dinilai mengalami abrasi setiap tahunnya, sekumpulan Pemuda Sendana melakukan kegiatan penanaman bibit Mangrove di pantai Somba, Kelurahan Mosso, Kecamatan Sendana, Sabtu (10/7/2021)

Puluhan pemuda yang turut andil dalam kegiatan tersebut, terdiri dari teman-teman mahasiswa, komunitas, pelajar, dan pecinta lingkungan Sendana, meramaikan kegiatan yang mengusung tema “Selamatkan pantai Untuk Masa Depan”.

Salah satu pemuda asal Desa Bukit Samang Alwin mengatakan, kegiatan utama adalah penanaman 1000 mangrove di sepanjang pesisir pantai yang dianggap terancam tergerus oleh abrasi.

“Pantai di Majene, khususnya di wilayah kecamatan Sendana saat ini sedang sangat rawan abrasi, maka dari itu kami berinisiasi untuk mengurangi dampak abrasi di kemudian hari dengan melakukan penanaman Mangrove di pantai,” beber Alwin yang terkenal vokal menyuarakan ketimpangan

Selain untuk penghijauan sekitar pantai, dia berharap bisa menjadi tanggul alami yang nantinya akan mengurangi dampak abrasi di wilayah pantai Sendana, terutama di daerah Somba yang dikenal padat pemukiman.

“Penghijauan ini diharapkan mampu menjadi penahan ombak untuk melindungi rumah-rumah warga yang sering terancam setiap tahunnya oleh ganasnya ombak,” lanjut Alwin Jawi.

Ditempat yang sama, Aswad menambahkan jika penanaman Bakau ini nantinya akan berdampak baik bagi masyarakat nelayan. Karena pohon Bakau akan menjadi ekosistem baru di pantai. Ia mengharapkan partisipasi warga untuk menjaga dan merawatnya

“Dari sisi manfaatnya jika pohon Bakaunya sudah tumbuh besar akan banyak dihuni oleh kumpulan ikan dan kepiting. Ini bisa bernilai ekonomis. Dan kami berharap pada warga untuk merawatnya,” harap Aswad mahasiswa Unsulbar semester akhir ini.

NASRUL MASSE

Anak pelaut yang ingin menulis dan membaca di daratan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: