BERITA

Polman Akan Menggelar Pelatihan Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian

TAYANG9.COM – Kegiatan pelatihan kepeloporan pemuda desa bidang pertanian alami/organik yang akan diselenggarakan di delapan kabupaten untuk wilayah Sulawesi. Salah satunya kabupaten Polman. Generasi Muda Desa Nusantara (GEMA DESANTARA) sebagai pelopor kegiatan, rencananya akan dilaksanakan pada 23-25 Oktober 2017 digedung PKK, Polewali.

Saat dikonfirmasi, penanggung jawab wilayah Sulbar, Muhammad Fadli Rasyid mengatakan yang lebih penting dalam Pendidikan Kepeleporan Pemuda bidan pertanian alami/organik adalah mendorong kemandirian dan kedaulatan petani karna pertanian alami dapat menjadi pilihan utama dalam situasi saat ini, di samping keinginan untuk menjaga kesehatan konsumen – produsen serta kelestarian lingkungan.

“Karena pertanian alami/organik sebenarnya adalah sebuah konsep pertanian yg bertumpu pada alam sekitar tanpa ada tambahan dari luar baik dalam bentuk pupuk maupun pestisida ini adalah alasan kenapa pemuda Desadi libatkan dalam pengetahuan pertanian alami,” ucap Fadli kepada Tayang9.com

Fadli berharap dari kegiatan pelatihan tersebut akan melahirkan pemuda pemudi yang tangguh untuk tetap konsisten mengembangkan pertanian alami di desanya masing masing.
Karena pola pertanian alami yang di usung adalah bagaimana memanfaatkan mikroorganisme lokal dan limbah ternak atau limbah tanaman yang tersedia.

“Kedepan kita berharap banyak petani dari kalangan pemuda desa menjadi petani alami/organik dan pengajar baik di ruang ruang kelas maupun di ladang. Kita mendorong lahan pertanian, Peternakan dan perikanan sebagai ruang pendidikan generasi yang lebih muda supaya cinta pertanian,” harapnya.

Rencananya, pelatihan tersebut akan dihadiri sekitar 70 orang dari setiap perwakilan pemuda yang ada di polman. Dengan model pelatihan 1 hari materi indor 2 hari materi out door atau lapangan.

NASRUL MASSE

Anak pelaut yang ingin menulis dan membaca di daratan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button