ADVETORIAL

Optimalkan Layanan Kesehatan di RSUD, DPRD Majene Studi Terkait Penerapan Aplikasi SIMRS

Majene, Tayang9 – Demi meningkatkan pelayanan pada bidang kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majene akan menerapkan sistem atau aplikasi SIMRS, sebagai upaya untuk memudahkan dalam pelayanan rumah sakit agar lebih efektif dan efisien.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene dalam hal ini Komisi III melakukan studi terkait penerapan aplikasi SIMRS pada rumah sakit di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (9/12).

Rombongan studi Komisi III DPRD yang beranggotakan Budi Mansur, Rahmatullah serta Ida Nursanti, juga turut serta direktur RSUD Majene dr. Yupie Handayani, untuk melakukan studi terkait hal tersebut di Rumah Sakit Kesehatan Paru Makassar serta Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Rakyat yang berada di jalan Pahlawan Kecamatan Biringkanaya Makassar.

“Berdasarkan defenisinya SIMRS adalah sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat”, terang Budi.

Terkait regulasi, lanjut Budi, yang mengatur tentang penerapan aplikasi SIMRS ini tertuang dalam Permenkes RI Nomor 82 tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

“Dalam regulasi, dinyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Hal ini menjadi penting karena SIMRS pada penerapannya, merupakan sistem pencatatan rekam medis yang mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara real-time untuk memperoleh informasi medis dan non-medis secara tepat dan akurat. Selain itu penerapan aplikasi SIMRS juga sebagai upaya untuk menaikkan tipe RSUD Majene dari tipe C ke tipe B” jelasnya. (net/**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button