Thursday , November 14 2019
Home / ADVETORIAL / Melalui Program Lisa, Dua Desa di Tommo Dapat Penerangan
Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari, saat mengecek langsung listrik yang terpasang di rumah warga.

Melalui Program Lisa, Dua Desa di Tommo Dapat Penerangan

Mamuju – Tayang9 –  Dua desa di wilayah Kabupaten Mamuju, Kecamatan Tommo tepatnya di Tamemongga dan Desa Saludengeng, dipastikan mendapat penerangan, setelah mendapatkan bantuan program Listrik Desa (LISA), yang diresmikan di Tamemongga,Kamis, 04/07/19.

Peresmian Penyalaan Listrik Desa, merupakan program PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sul-selbar, karena aliran listrik ke wilayah pelosok merupakan bagian dari target rasio elektrifikasi 100 % pada program Lisa.

Dalam kesempatannya, General manager PLN UIW Sulselbar Andi Bambang Yusuf, mengaku optimis seluruh desa diwilayah kerjanya akan terlistriki di tahun 2019, dan pihaknya juga akan terus mengenjot hingga tahun 2020 utamanya dalam mencapai target Lisa,

“Dengan adanya listrik ini kehidupan masyarakat jauh lebih baik, mencerdaskan generasi masa depan, perekonomiaan semakin maju, dan di harapkan ada usaha petani yang membuat kehidupan jauh lebih baik, dengan adanya listirk desa,” ucap Andi Bambang Yusuf.

Sementara itu di tempat yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Mamuju Irwan SP Pababari, mengaku sangat mengapresiasi adanya proyek listrik desa yang sangat membantu, khususnya di wilayah terpencil sehingga dapat merasakan terangnya desa, selain itu juga  membantu aktifitas masyarakat yang dulu sangat terbatas, utamanya akses mendapatkan informasi baik melalui siaran TV dan sebagainya, serta membantu perkerjaan rumah, urusan sekolah yang membutuhkan daya listrik hingga dapat melancarkan perekonomian masyarakat.

“Kami bergharap kepada Perusahaan Listrik untuk tetap memprogramkan proyek Listrik Desa dimana masih ada desa terpencil yang belum mendapatkannya sehingga semua dapat merasakan listrik didesanya,” kata Irwan Pababari.

Untuk diketahui, total untuk pembangunan jaringan listrik dua desa Pembangunan Jaringan Listrik Desa Tamemongga JTM (3.48 kms), Tiang Beton 13 Meter ( 63 Batang), JTR (2,3). Tiang Beton 11 Meter (24 Batang), Travo Distribusi (25 kVA/3 Phs 2), Potensi Pelanggan (50 Plg), sementara di Saludengeng JTM (1,14 kms), Tiang Beton 13 Meter (21 Batng), JTR (0,73). Tiang Beton 11 Meter (13 Batang), Travo Distribusi (25 kVA/3 Phs 1), Potensi Pelanggan (14 Plg), potensi pelanggan se banyak 64 pelanggan dengan rata – rata daya tersambung 900 VA, dengan Biaya penyambungan 989.000 per pelanggan sudah termasuk token (pulsa listrik) Rp. 100.000.(*/FM)

About MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Check Also

HKN ke – 55, Wabup Mamuju Ajak Instrumen Kesehatan Lanjutkan Kebersamaan 

Mamuju – Tayang9 – Pemerintah Kabupaten Mamuju yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Irwan Pababari, …

Harga TBS Sawit di Sulbar Bulan Ini Meningkat

Mamuju – Tayang9 – Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di Provinsi Sulawesi Barat per …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KACO baru saja menaiki punggung kuda balibbinna, namun belum sempat ia keluar menuju jalan yang berkerikil depan rumahnya, mendadak ia disuguhi pemandangan segerombol anak-anak putih abu yang berkonvoi memacu sepeda motornya dengan suara knalpot yang memekik mengalahkan ringkik kudanya. Urung melangkahkan kaki kudanya, Kaco lalu berteriak dan bertanya kepada Cicci yang sedang membilas daster kenu’na di samping passauang, “allo apa dite’e di’e Kindo’na”. Cicci menjawab, “allo araba’ sippara hari pendidikan nasional”. Kaco membatin, “Oh, pantas anak-anak sekolah itu merayakannya dengan trek-trekan. Semoga kemajuan pendidikan tidak saja bergerak lamban, namun berlari kencang sekencang sepeda motor trek-trekan anak putih abu itu”.[yat teha]