BERITASTRAIGHT NEWS

Lagi, Bawaslu Gelar Diskusi Publik, Saifuddin: Pemilu Tanggung Jawab Bersama.

Polman, Tayang9 – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Polman untuk kedua kali menggelar diskusi publik pengawasan partisipatif pemilu tahun 2019.

Acara diskusi publik tersebut digelar di di Hotel Lilianto, jalan Jenderal Ahmad Yani Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, selasa (12/3).

Dalam kegiatan kali ini, Pihak Bawaslu mengundang beberapa perwakilan diantaranya Komunitas Relawan Demokrasi (Korelasi), Jaringan Demokrasi Indonesia (JADI) Polman, Badan Inteligen Negara Daerah (BINDA), dan Koordinator Forum Warga dari 5 Dapil, Serta Gerakan Pemuda Ansor dan unsur Pers sebagai peserta diskusi.

Kegiatan yang menghadirkan sejumlah organisasi masyarakat dan daerah adalah sebagai upaya Bawaslu Polman dalam peningkatan pengawasan partisipatif masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2019 khusunya di Kabupaten Polman.

“Adanya diskusi ini karena pemilu adalah tanggung jawab kita bersama untuk ikut menyukseskannya dan diharapkan dengan kegiatan ini dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran pemilu”, ucap Ketua Bawaslu Polman, Saifuddin saat membuka acara tersebut.

Pada kesempatan yang sama disampaikan oleh anggota Bawaslu lainnya, Sumarding, S.Pd, yang membidangi Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, memaparkan tentang Pemetaan Kerawanan di TPS mengatakan bahwa besar peluangnya terjadi kerawanan di TPS bisa terjadi jika pelaksananya tidak siap dan tidak memahami regulasi pelaksanaan pemilu.

“Tiap Panwascam yang ada di kecamatan wajib hukumnya melakukan pencegahan. Ketika ada “asap”, maka kami Bawaslu akan segera bergerak agar tidak menjadi api dan membesar”, ungkap Sumarding dihadapan para peserta diskusi.

Diakhir kegiatan, Ketua Bawaslu Polman Saifuddin menyampaikan, bahwa pihaknya akan menerima kritikan dan masukan yang konstruktif kepada semua pihak, agar kedepannya pemilu berjalan sesuai yang diharapkan. (zul)

SULHAN SAMMUANE

Selain Menulis dirinya juga dikenal aktif sebagai pemerhati pendidikan anak usia dini

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button