BERITASTRAIGHT NEWS

KPU Sulbar Gelar Sosialisasi Pilkada 2020

Mamuju -Tayang9 – Dalam Rangka menyambut pelaksanaan Pilkada serentak, Tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar sosialisasi kelembagaan, di My.Cafe, Mamuju, Selasa, 10/12/19.

Sosialisasi yang dikemas dalam bentuk tanya jawab tersebut, dihadiri oleh para awak media, dengan melibatkan narasumber yakni Komisioner KPU Sulbar, Adi Arwan Alimin, Said Usman Umar, Ketua Bawaslu Sulbar Zulfan Sulo serta dari komisioner Komisi Informasi Penyiaran (KIP) Sulbar,Andi Fachriady Kusno.

Dalam sambutannya, Komisioner KPU Adi Arwan Alimin mengatakan bahwa di Tahun 2020 mendatang, terdapat empat kabupaten di Sulbar yang akan melaksanakan Pilkada serentak yakni, Mamuju, Majene, Mateng dan Pasangkayu.

“Maka itu, perlu dilakukan sejumlah tahapan persiapan, mulai dari penyusunan peraturan penyelenggara pemilu, sosialisasi ke masyarakat, penyuluh atau bimbingan tehknis kepada KPU provinsi, KPU kabupaten atau kota, PPK, PPS, dan KPPS,” ucap Adi Arwan.

Selain itu juga menambahkan, bahwa untuk tahapan rekrutmen petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) rencananya akan dimulai pada tanggal 15 Januari hingga 14 Februari Tahun 2020, sementara untuk ditingkat PPS akan diselenggarakan di 15 Februari hingga 14 Maret 2020 mendatang.

“Sedangkan kelompok penyelenggara pemungutan suara, Tanggal 21 Juni sampai 21 Agustus 2020,  terbuka secara umum selama memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Komisioner lainnya Said Usman Umar, menjelaskan bahwa untuk proses penyerahan dukungan bagi calon perseorangan ke KPU akan dilaksanakan pada 19 – 23 Februari 2020 mendatang, untuk selanjutnya dilakukan verifikasi faktual mulai dari tingkat desa atau kelurahan, kecamatan hingga kabupaten, tentang rekapitulasi dukungan.

“Sedangkan Tanggal 8 Juli 2020, penetapan pasangan calon, pengundian dan pengumuman nomor tanggal 29 Juli 2020,” jelas Said Usman.(FM)

MASDAR KAPPAL

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button