ADVETORIALBERITASTRAIGHT NEWS

Kelapa Bisa Menjadi Produk Unggulan Majene

MAJENE, TAYANG9 – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, Ahmad Rafly Nur mengatakan mendukung perencanaan Pemerintah Kabupaten untuk merintis Kabupaten Majene menjadi Kampung Kelapa, sebagaimana yang tersebut pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Diseminasi Penelitian Pengembangan Pertanian, Perkebunan dan Pangan tentang Kampung Kelapa Kabupaten Majene pada bulan maret 2022 lalu.

“Perencanaan itu sangat bagus, mengingat Kabupaten Majene memiliki potensi yang sangat mendukung untuk menjadi daerah penghasil kelapa”, terangnya.

Produk Kelapa lanjut Ahmad Rafli, merupakan komoditas yang bisa menjadi produk unggulan yang memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja khususnya di Kabupaten Majene.

“Hal terpenting juga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan terkait dengan potensi pengolahan kelapa yang bisa menjadi produk turunan untuk lebih bernilai tambah dan memaksimalkan manfaat dari semua bagian dari kelapa itu sendiri”, ungkapnya pada senin, (20/05).

Produk turunan kelapa, tambah Ahmad Rafli, diantaranya yang bisa menjadi alternatif seperti Virgin Coconut Oil (VCO), minyak goreng kelapa, Nata de coco, cocopeat (serbuk kelapa), coco fiber, arang batok dan produk turunan dari kelapa memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi” ucapnya.

“Namun untuk mendukung kesemuanya dan mendapatkan manfaat serta nilai tambah dari hilirisasi produk olahan kelapa tersebut, sangat diperlukan industri pengolahan yang memiliki standarisasi sebagai upaya untuk memenuhi persyaratan pasar”, Jelas Ahmad Rafly (**).

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button