BERITA

GSC Anreapi Gelar Pelatihan Media Komunitas Bagi Masyarakat

Tayang9.com, Polman – Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat menggelar Pelatihan Media Komunitas di Aula Kantor Desa Duampanua Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar, Senin (12/11).

Pelatihan yang melibatkan para perangkat desa, tokoh masyarakat, pelaku GSC, serta kader Posyandu se-Kecamatan Anreapi yang berasal dari 4 desa diantaranya Desa Duampanua, Desa Papandangan, Desa Kunyi, Desa Kelapa Dua serta 1 Kelurahan yaitu Kelurahan Anreapi.

Kegiatan tersebut bertujuan agar setiap pemerintahan desa memiliki media komunitas agar masyarakat dapat  mengelola informasi yang ada serta mampu menangkal berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggung jawabkan isinya.

Arini Faisal , Fasilitator GSC Kecamatan Anreapi kepada tayang9.com, Senin (12/11), di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan,  Pelatihan Media Komunitas merupakan salah satu dari sekian program yang diselenggarakan Program GSC dan yang pertama kalinya digelar di Kecamatan Anreapi dengan  menghadirkan  narasumber yang merupakan pelaku pers yakni
redaktur Harian Seputar Sulbar, Sulhan Sammuane yang juga redaktur media online tayang9.com.

Menurut Arini, kegiatan Pelatihan Media Komunitas tersebut digelar dengan tujuan meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya informasi, sekaligus meningkatkan minat baca, diskusi serta minat menulis bagi warga di desa binaan GSC.

“Pelatihan ini untuk mendorong warga agar bisa mengekspresikan gagasan, pikiran dan pengalaman bagi warga masyarakat melalui media komunitas” terang Arini

Arini melanjutkan, pelatihan ini juga diharapkan nantinya agar pemerintah desa memiliki media komunitas untuk mengelola informasi yang ada di wilayahnya.

“Sebagai langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengenalkan kaidah-kaidah jurnalistik berupa bentuk penulisan best practice untuk kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat, sehingga mereka nantinya tidak hanya sekadar menulis tetapi memahami bagaimana menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan” ungkapnya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini, tambah Arini kepada tayang9.com, diharapkan sebisa mungkin masyarakat mampu membuat tulisan sederhana dan nantinya akan dikemas dalam bentuk media seperti buletin atau majalah dan jika memungkinkan dalam bentuk koran untuk desa.

“Dengan kegiatan ini masyarakat bisa mempublikasikan potensi  yang ada di desa bukan hanya manusia tetapi ada hal-hal yang khas di desa yang dapat terekspose melalui sebuah tulisan sederhana,” jelasnya.

Hikmah Dina, salah satu peserta kegiatan yang juga merupakan Pendamping Lokal Program GSC Kecamatan Anreapi mengatakan dirinya sangat antusias mengikuti Pelatihan Media Komunitas yang digelar oleh GSC Kecamatan Anreapi. Pelatihan tersebut  sangat bermanfaat dan memberikan kontribusi positif bagi  kemampuan menulis bagi para peserta.

“Pelatihan ini baru pertama kali saya ikuti dan sangat baik, sebab para peserta diajarkan menuangkan ide atau gagasan secara sederhana dalam bentuk tulisan best practice untuk mengangkat serta mempublikasikan keberhasilan-keberhasilan program khususnya GSC yang ada di desa” Ucapnya, .

Ia berharap untuk kedepannya agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan, sehingga kemampuan menulis masyarakat bisa semakin meningkat dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

SULHAN SAMMUANE

Selain Menulis dirinya juga dikenal aktif sebagai pemerhati pendidikan anak usia dini

Related Articles

3 Comments

  1. Semoga sumber daya penulis di Anrepi akan bertumbuh menjadi komunitas dan mengambil peran dalam pengarusutamaan pelayanan sosial dasar dalam pembangunan desa. Selamat dan sukses Bu FK dan seluruh penggiat GSC di Anreapi.

  2. Semoga sumber daya penulis di Anrepi akan bertumbuh menjadi komunitas dan mengambil peran dalam pengarusutamaan pelayanan sosial dasar dalam pembangunan desa. Selamat dan sukses Bu FK dan seluruh penggiat GSC di Anreapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button