BERITASTRAIGHT NEWS

Gelar Diskusi Dengan IGI, ORI Sulbar Harapkan Komite Sekolah Diaktifkan

Mamuju -Tayang9 – Tim Pencegahan Ombudsman Republik Indonesia Sulawesi Barat (ORI Subar), bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Mamuju Tengah dan Jajaran SMA Negeri 1 Tobadak, menggelar diskusi tentang peran komite sekolah menggalang partisipasi peserta didik untuk kemajuan dan pengembangan sekolah, di SMA Negeri 1 Tobadak, 15/02/19.

Kepala keasistenan pencegahan ORI Sulbar Irfan Gunadi menjelaskan, sekolah sebagai salah satu organisasi pendidikan keberadaannya tidak bisa lepas dari peran serta masyarakat dalam mewujudkan visi, misi serta tujuannya, sehingga harus mampu menjalin hubungan baik yang bersifat timbal balik dengan warga dan
lingkungan sekitar.

“Pembentukan komite sekolah merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,komite sekolah ini merupakan suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam partisipasi pengembangan pendidikan, sehingga kita harapkan semua sekolah mengaktifkan komitenya,” ucap Irfan Gunadi.

Selain itu ia juga menambahkan, pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang tidak bisa disepelekan. sebagaimana diketahui bahwa amanah Pembukaan UUD 1945 menyebutkan bahwa pendidikan ialah hak segala bangsa. Untuk itu pendidikan harus kita prioritaskan.

“Insyallah jika pendidikan maju maka masyarakat juga maju,”tuturnya

Lebih lanjut ia menuturkan, kehadiran tim Ombudsman RI Sulbar bersama IGI Mamuju Tengah di SMA Negeri 1 Tobadak, sebagai bagian dari upaya pencegahan maladministrasi pelayanan publik dibidang pendidikan,
karena disatu sisi jika komite sekolah berjalan sesuai relnya, akan memberikan dampak positif bagi kemajuan sekolah, namun disisi lain bisa juga dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu yang bisa berujung pidana bagi pelakunya, misalnya penyalagunaan wewenang berupa pungutan liar.

“IGI sebagai salah satu wadah tenaga pendidik diharapkan ikut berpartisipasi dalam pencegahan maladministrasi itu, dengan memberikan sosialisasi dan penguatan bagi setiap anggotanya yang aktif disemua lembaga pendidikan baik ditingkat sekolah dasar, SMP dan SMA,” tutupnya.(*/FM)

MASDAR KAPPAL

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button