BERITAFEATURE

Digoyang Gempa Susulan di Pengungsian, LDP PKH Polman tetap Lanjut

Bustan Basir Maras: Trauma Healing agar Anak-anak yang Takut jadi Berani

MALAM Kamis 28 Januari 2021, pukul dua lewat, gempa masih terasa. Tak terkecuali di posko program keluarga harapan (PKH) Peduli Sulawesi Barat di Desa Mekkatta Kecamatan Ulumanda. Tak pelak, kamipun seketika berlari mencari tempat aman pada malam itu, terlebih karena malam itu kami memang, tidur di dalam rumah.

Berbeda dengan kondisi di sekitar posko yang sejauh mata memandang, tidak ada satu pun warga yang berani tinggal di rumah mereka. Kondisi rumah yang rusak mulai dari yang ringan hingga yang rusak berat menjadi satu-satunya alasan yang membuat warga enggan untuk pulang ke rumahnya. Selain itu masih seringnya terjadi gempa susulan, membuat mereka memilih terpaksa ‘betah’ di lokasi pengungsian.

Gempa dini hari itu bersamaan dengan 10 hari sudah Sumber daya manusia (SDM) PKH melakukan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP). Kegiatan yang merupakan kontribusi terhadap pemulihan psikis korban gempa ini dimulai sejak tanggal 18 Januari lalu. LDP ini sendiri, dikoordinir langsung Bustan Basir Maras, Kordinator Wilayah (Korwil) PKH Sulbar.

Menurut Bustan Basir Maras, tim SDM PKH telah mengunjungi posko pengungsi yang di Kecamatan Ulumanda, Malunda, Tappalang, dan Tappalang Barat. Diantara kegiatan LDP yang dilakukan adalah trauma healing.

“Kalau secara teori tujuannya membalikkan suasana dari susah menjadi bahagia, takut jadi berani dan seterusnya, yang kami berikan hanya hal yang mendasar saja, trauma healing menyasar anak-anak di bawah usia enam tahun”, ungkap Bustan.

Para relawan SDM PKH bermain bersama anak-anak, bernyanyi dan mewarnai bersama. Mereka terlihat gembira, apalagi ketika kami memberikan hadiah.

“Semoga apa yang kami lakukan ini membuat anak-anak tetap ceria, tetap tegar karana banyak orang-orang yan peduli dan cinta kepada mereka”, begitu harapan Rudi Koordinator Kabupaten PKH Polewali Mandar yang juga ikut melibatkan jajarannya pada kegiatan itu.

Selain LDP, SDM PKH juga terlibat menghimpun dana dari para donatur untuk dilsalurkan kepada korban Gempa. Pada saat kegiatan LDP berakhir di suatu posko tak pelak bantuan yang terhimpun itupun, diserahkan kepada ibu-ibu yang yang ada di posko pengungsian itu. [/*]

SUDIANTO MAHMUD

Wakil Sekertaris GP Ansor Polewali Mandar juga penggiat kajian sosial, pendidikan dan keislaman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button