BERITASTRAIGHT NEWS

Bawaslu Polman Teken Kerjasama dengan Fisip Unasman

POLMAN, TAYANG9 – Selain diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan HUT Bawaslu Polman, mulai dari gowes jaringan keluarga pesepeda Bawaslu ‘Jaga Pemilu’ Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, ziarah makam ulama di Polewali dan acara syukuran dan pemotongan tumpeng serta pengajian yang menghadirkan Imam Besar Masjid Syuhada Polewali, Habib Ahmad Fahdl Al Mahdali pada 07 April 2021 yang lalu.

Pada hari puncak peringatan HUT Bawaslu ke 13, Bawaslu Polman juga melakukan penandatangan perjanjian kerjasama pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (Fisip) Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) di Kantor Bawaslu Polman, Jumat 09 April 2021

Dalam acara penandatangan itu, Mukhlis Hannan Wakil Dekan Fisip Unasman mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Bawaslu yang telah bersedia untuk menjalin kerjasama dengan Fisip Unasman.

“Mewakili civitas akademika Unasman, khususnya Fisip Unasman kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bawaslu yang telah membuka ruang bagi kerjasama yang akan menjadi pengembangan tri darma perguruan tinggi ini”, ujar Mukhlis Hannan.

Dikatakannya, kerjasama ini akan ditindak lanjuti oleh dua program studi di Fisip Unasman yakni ilmu pemerintahan dan ilmu komunikasi yang salah satu mata kuliah wajibnya sangat relevan dengan keberadaan Bawaslu.

“Kerjasama ini akan kami tindak lanjuti sampai di tingkat prodi pemerintahan yang memang mengkaji sistem pemilu dan kepartaian di Indonesia, serta prodi komunikasi yang juga mengkaji komunikasi politik. Ini saya kira akan banyak melakukan kajiannya di Bawaslu. Harapan kami kepercayaan dalam bentuk kerjasama dengan Bawaslu Polman ini, sungguh-sungguh dapat kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya”, beber Mukhlis Hannan.

Dalam kempatan yang sama Mukhlis Hannan yang didampingi Ketua Prodi Komunikasi, Muh Syaeba dan Ketua Prodi Pemerintahan Nur Fitrah dan Hamdan, salah dosen komunikasi Fisip Unasman juga menyampaikan selamat HUT Bawaslu yang ke 13.

“Melalui momentum ini, yang kebetulan bertepatan dengan HUT Bawaslu yang 13, kami mengucapkan selamat ulang tahun Bawaslu yang ke 13. Semoga dalam usia yang masih muda ini, Bawaslu kian bernas dan cekatan dalam bekerja mengawal dan mengawasi demokrasi. Harapan kami ke depan penandatangan kerjasama ini menjadi titik awal bagi Fisip Unasman dengan Bawaslu untuk sama mendorong peningkatan partisipasi pengawasan masyarakat”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Arham Syah, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Polman berharap sejumlah agenda penting ke depan bisa dijalankan oleh kedua bela pihak.

“Kami berharap melalui ini, kerja-kerja penelitian, pengkajian dan pelibatan publik dalam kaitannya dengan pengawasan dan peningkatan partisipasi pengawasan Pemilu kian berkualitas ke depan. Karena kami sadar betul ruang ini harus kami buka lebar, utamanya kepada pihak akademisi untuk sama terlibat mengkaji sejumlah hal dalam kepemiluan kita”, ujar Arham Syah.

Senada dengan itu, Sumardin Kordiv Devisi Pengawasan Bawaslu Polman juga berharap melalui kerjasama ini, kuliah lapang dan kerja-kerja penelitian dari pihak kampus kian bisa ditingkatkan.

“Kami selama ini memang telah membuka ruang kepada sejumlah kampus untuk melakukan kuliah lapang di Bawaslu. Karenanya penandatanganan naskah kerjasama dengan Fisip Unasman ini, akan kian memudahkan kita untuk sama bekerja dalam mengawal peningkatan demokrasi kita. Utamanya yang terkait langsung dengan pengawasan penyelenggaraan Pemilu maupun pemilihan”, tandas Sumardin. [*/rls]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button