BERITASTRAIGHT NEWS

Bawaslu Polman Bimtek Pengawas Kelurahan dan Desa

TAYANG9-Menjelang hari H Pemilu presiden dan legislatif tanggal 17 April 2019 mendatang, Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) di enam belas kecamatan di Polewali Mandar.

Ketua Bawaslu Polman saat menghadiri salah kegiatan bimtek peningkatan kapasitas pengawasan kelurahan dan desa yang di helat oleh Panwascam Mapilli di Aula Kantor Camat Mapilli mengatakan, bimtek dilaksanakan sebagai bahagian dari penguatan dan peningkatan kapasitas pengawasan bagi pengawas di kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Polewali Mandar menjelang hari H Pemilu 2019.

“Secara umum, ada tiga penyelenggara Pemilu yang kita kenal yakni, Bawaslu yang bertugas untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu. Dan KPU yang bertugas untuk melaksanakan penyelenggaraan Pemilu secara teknis. Sedang yang ketiga adalah, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang bertugas untuk memeriksa dan memutuskan pengaduan dan atau laporan adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh para penyelenggara pemilu,” urainya, Sabtu 30 Maret 2019.

Dalam materinya, Saifuddin juga menguraikan secara khusus tugas pengawas Pemilu yakni, melakukan dengan melakukan sosialisasi peraturan tentang kepemiluan, pemetaan potensi kerawanan, suvervisi, koordinasi antar lembaga dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Selain itu pengawas pemilu juga bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu dan larangan dalam pelaksanaan Pemilu. Sedang yang ketiga adalah, bertugas untuk melakukan penindakan atas setiap pelanggaran Pemilu. Nah sebagai pengawas di tingkat kelurahan dan desa harus mengetahui betul tugas dan tanggung jawabnya, agar ketika ada potensi pelanggaran dapat dicegah dengan segera ditangani,” ujarnya.

Sekedar diketahui acara serupa juga telah dan sedang serta akan dilaksanakan pula disejumlah kecamatan yang ada di Kebupaten Polewali Mandar. Tentu saja dengan dihadiri oleh para pengawas kelurahan dan desa serta sebagai peserta. Sedang ketua dan anggota Panwaslu kecamatan bersama staf selaku penyelenggara kegiatan.

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button