BERITASTRAIGHT NEWS

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Hari Raya, ORI Sulbar Minta Pemda Luncurkan Program Inovasi 

Mamuju – Tayang9 – Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat, kembali menggelar Inspeksi harga sembako di Pasar Regional, Kabupaten Mamuju, dan Pasar Sentral Mamuju, Jum’at, 17/05/19.

Kegiatan inspeksi harga sembako tersebut dilakukan, secara nasional oleh Tim Ombudsman Republik Indonesia serentak di  seluruh wilayah Indonesia, tujuannya untuk memastikan kesiapan pemerintah dalam menjamin ketersediaan, dan mengendalikan harga bahan pokok selama Ramadhan.

Dalam Inspeksi tersebut, Tim Ombudsman turun bersama Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, untuk memantau sejumlah kebutuhan pokok seperti harga beras, gula pasir, terigu, telur, bawang, ayam,daging sapi, minyak goreng dan cabe merah.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar Lukman Umar mengatakan, bahwa berdasarkan hasil pantauan timnya dilapangan, pihak menemukan adanya kenaikan harga beberapa bahan pokok di awal Ramadhan.

“Tim Ombudsman berharap Pemerintah Daerah meluncurkan program inavoasi, untuk menekan terjadinya lonjakan harga jelang hari raya,” ucap Lukman Umar.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa meski tidak signifikan, namun menjelang bulan ramadhan sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga, khususnya komoditi yang berasal dari luar daerah,seperti Cabe merah, bawang, telur dan sayur – mayur.

“Kita harap Pemda bisa mengantisipasi ini, agar kebutuhan lainnya tidak ikut melonjak jelang hari raya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan, agar pemerintah daerah bisa mengatasi masalah Gas Elpiji 3 kg yang saat ini masih marak dikeluhkan masyarakat.

“Ini juga yang sangat penting mendapat perhatian, utamanya jelang lebaran nanti, sampai hari ini saya sudah beberapa kali menerima telpon dari orang yang mengeluhkan susahnya menukar tabung elpiji 3 kg,”ungkapnya.

Lukman juga mengapresiasi upaya Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, yang bersedia membangun sinergi dengan Tim Ombudsman, untuk turun bersama melakukan pemantauan.

“Sehingga beberapa temuan yang akan menjadi saran Ombudsman kepada Pemda, langsung  tersambung melalui Disdag Mamuju,” tutupnya.

Untuk diketahui, adapun hasil inspeksi harga sembako yang dilakukan oleh Tim Ombudsman di setiap daerah, akan segera dilaporkan pada Pimpinan Ombudsman Republik Indonesia di Jakarta, sebagai saran perbaikan yang akan disampaikan kepada kementrian terkait.(*/FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button