BERITASTRAIGHT NEWSTERKINI

Akreditasi 313 Lembaga PAUD PNF di Sulbar Tuntas

Jasman Rasyid : Melebihi Target Kuota Lembaga yang Direncanakan

Sulbar, Tayang9 – Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD PNF) Provinsi Sulawesi Barat telah mengakreditasi lembaga PAUD dan PNF sebanyak 313 lembaga diakhir tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Muh Ilman, ketua BAN PAUD PNF Provinsi Sulawesi Barat. Menurutnya pelaksanaan akreditasi lembaga PAUD PNF tahun ini berjalan cukup baik, walau akreditasinya masih dilaksanakan di tengah pandemi covid-19.

“Visitasi tahun ini dilaksanakan dengan daring melalui aplikasi zoom, ada sesi wawancara oleh asesor kepada lembaga dan pelaksanaannya satu hari tuntas untuk satu lembaga” terang Ilman yang juga Ketua Forum PKBM Provinsi Sulbar ini.

Saat ini , lanjut Ilman, BAN PAUD PNF Provinsi Sulbar sudah masuk sesi akhir untuk menuntaskan tahapan akreditasi yaitu tahap validasi dan verifikasi lembaga.

“Hari ini adalah penutupan kegiatan validasi dan verifikasi tahap ketiga, dimulai tanggal 1 hingga 3 desember 2021 hari ini. Kegiatan ini menjadi tahapan terakhir dari semua kegiatan akreditasi. Artinya kegiatan untuk akreditasi lembaga PAUD PNF untuk di Provinsi Sulbar ditahun 2021 telah tuntas”, jelasnya pada saat sambutan penutupan kegiatan validasi dan verifikasi lembaga tahap ketiga BAN PAUD PNF Sulbar pada hari Jumat (03/12)

Hal yang sama juga disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan validasi dan verifikasi pada kegiatan akreditasi lembaga PAUD PNF Provinsi Sulbar, Jasman Rasyid. Dia mengatakan bahwa ditahun 2021 ini, BAN PAUD PNF Sulbar telah mengakreditasi lembaga melebih target kuota yang direncanakan sebelumnya.

“Kita melebihi kuota target yang direncakan oleh BAN PAUD PNF Sulbar, ditarget awal untuk tahun 2021 ini sebanyak 300 lembaga. Namun dalam proses tahapan akreditasi, kuota akreditasi bertambah menjadi 313 lembaga. Adapun rinciannya untuk Lembaga PAUD reguler sebanyak 283 lembaga, PKBM sebanyak 25 lembaga, sampling acak sebanyak 2 lembaga dan PSP sebanyak 3 lembaga. Sehingga total yang telah diakreditasi sebanyak 313 lembaga”, ungkapnya.

Bertambahnya kuota lembaga ini, lanjut Jasman, adalah sebuah capaian luar biasa, apalagi saat ini masih di masa pandemi. Selain itu, keberhasilan ini pula tidak lepas dari upaya dan usaha rekan-rekan asesor BAN PAUD PNF Sulbar yang giat melakukan sosialisasi dan bimbingan aplikasi Sispena 3.1 kepada lembaga yang akan diakreditasi.

“Kami dari BAN PAUD PNF Sulbar mengucapkan terima kasih banyak kepada rekan-rekan asesor yang telah berbuat banyak dan membantu kegiatan akreditasi di masa pandemi ini. Mulai dari tahapan sosialisasi sispena, tahapan KPA, visitasi lembaga, hingga tahapan terakhir yaitu validasi dan verifikasi. Kita berharap semoga akreditasi ini benar-benar menghasilkan lembaga yang bermutu juga berkualitas sesuai dengan kriteria yang ditetapkan”, harap Jasman, selaku Komisi Peningkatan Kompetensi Asesor (KPKA) di BAN PAUD PNF Provinsi Sulbar.

Acara penutupan tahapan validasi dan verifikasi tahap ketiga BAN PAUD PNF Propinsi Sulbar turut dihadiri anggota BAN PAUD PNF pusat, Ade Cahyana M. Sc, selaku pembina wilayah II, Ketua dan anggota BAN PAUD PNF Sulbar, serta narasumber dan asesor validasi dan verifikasi BAN PAUD PNF Sulbar. (**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button