BERITASTRAIGHT NEWS

Syamsul Samad : Rencana Pemekaran Balanipa Nyaris Sempurna

Mamuju – Tayang9 – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Barat Syamsul Samad, memastikan jika pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Balanipa kian menemui titik terang.

Menurut Syamsul Samad, berdasarkan hasil pertemuannya dengan Kemendagri beberapa waktu lalu, secara administrasi rencana pembentukan DOB Kabupaten Balanipa saat ini, sudah hampir sempurna.

“Oh iya nyaris sempurna, secara administrasi istilahnya Kemendagri itu jalur teknoratnya oke, tinggal jalur politiknya,” ucap Syamsul Samad, di kediaman SDK, Sabtu, 03/04/19. malam.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa salah satu langkah kongkrit yang saat ini tengah dilakukan DPRD bersama dengan Kabupaten, adalah melengkapi segala prasyarat yang dibutuhkan.

“Jadi upaya kita baik DPRD maupun Kab, itu upaya kita adalah melengkapi segala persyaratannya, sehingga nanti ketika Moratorium itu dicabut kita langsung running,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia juga membeberkan, jika seluruh aspek terkait prasyarat pembentukan DOB Balanipa, seluruhnya sudah terpenuhi, baik batas daerah, dukungan berupa SK dari pimpinan DPRD tingkat Provinsi maupun kabupaten.

“Ya sisa kita menunggu moratorium itu dicabut, setelah moratorium itu dicabut, berarti kita menjadi daerah calon daerah otonomi baru yang paling siap. Apalagi di lima tahun lalu Balanipa ini masuk di 22 prioritas daerah kan,” bebernya.

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat dari Partai Demokrat itu juga menuturkan, jika peluang untuk dimekarkannya Kabupaten Balanipa sudah sangat terbuka lebar.

“Kita tinggal tunggu saja, apalagi kan kemarin pak presiden mengatakan bahwa moratorium itu hingga 2019, artinya diakhir 2019 ini kita menanti, kalau Moratorium itu dicabut kita tinggal lari, karena sudah siap semuanya,” tutupnya.(FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button