Thursday , January 23 2020
Home / ADVETORIAL / Pemdes Arabua Gelar Seleksi Bacalon Kaur
Kades Arabua Anto Alauddin saat memantau langsung proses seleksi Bacalon Kaur.(Foto : Istimewa)

Pemdes Arabua Gelar Seleksi Bacalon Kaur

Polewali – Tayang9 – Pemerintah Desa (Pemdes) Arabua, Kecamatan Tu’bi Taramanu (Tutar), Kabupaten Polewali Mandar, menggelar seleksi atau penjaringan Bakal Calon (Bacalon) Kepala Urusan (Kaur) pemerintah,di Aula sekolah MIS Ma’arif, Desa Arabua, Kamis, 05/12/19.Kemarin.

Kepala Desa (Kades) Arabua Anto Alauddin mengatakan, bahwa dalam proses pelaksanaan seleksi atau penjaringan Balon Kaur Desa Arabua dengan menggunakan sistem terbuka  tersebut, pihaknya bekerjasama dengan jajaran pemerintah Kecamatan.

“Dari Tujuh pendaftar bacalon, tim penjaringan memastikan semuanya lolos berkas, dan dilanjutkan beberapa tes yakni tertulis, wawancara,dan tes komputer,” ucap Anto melaui press rilisnya, Jum’at, 06/12/19.

Selain itu ia juga menambahkan, tujuan utama dilakukannya tes bagi Bacalon kaur dengan Sistem terbuka tersebut, guna mendapatkan aparat desa yang bermutu serta berkualitas ,dan juga secara tidak langsung menghindari adanya argumen – argumen  negatif di masyarakat.

“Hal yang paling mendasar dalam perekrutan aparat desa ini, semuanya akan dipastikan bahwa siapapun yang terpilih, berarti itulah peserta yang memiliki kelayakan, serta mendapatkan nilai terbaik yang sudah menjadi standar dalam perekrutan aparat desa,” tambahnya.

Lebih lanjut Anto juga menjelaskan, bahwa dibukanya proses seleksi Bacalon Kaur tersebut, lantaran di bulan September 2019 lalu salah satu aparat Desa Arabua, secara resmi memundurkan diri dari jabatanya.

“Maka sebab itu pemerintah desa berkonsultasi dengan pihak kecamatan untuk mekanisme pengangkatan aparat  desa. sehingga pihak kecamatan mengintruksikan kepada kepala desa agar membentuk tim penjaringan bakal calon aparat desa,” jelasanya.

Anto juga menuturkan, berdasarkan mekanisme atau regulasi pembentukan tim penjaringan Balon Kaur, pihaknya menunjuk Sekdes sebagai Ketua tim, dengan dibantu oleh 2 orang anggotanya, dari unsur aparat desa.

“Selama Dua bulan lamanya terbuka, pendaftaran balon aparat desa terhitung sejak September sampai dengan November, dan sampai ditutupnya pendaftaran, ada Tujuh orang yang mendaftarkan diri. Lima diantaranya tamatan S1 yakni saudara Syamsi S.Hi, saudara Muhlis. S.Pd, saudara Saddan. S.Pd.I, saudara Sudirman.S.Pd, dan saudara Amiruddin, S.Pd, serta 2 diantaranya yang lulusan SMA yaitu saudari Pajarni, dan saudara Rahim,”tutupnya.(*/FM)

About MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Check Also

Aliansi Peduli Poltek Kembali Lakukan Aksi, Wabup Majene : Bantu Kami Cari Lahan!

MAJENE, TAYANG9- Aliansi Peduli Poltek kembali melakukan aksi jilid ke II bertempat dihalaman kantor Bupati …

HMSS Bersama Polsek Sendana Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam

MAJENE, TAYANG9.COM – Himpuana Mahasiswa Satu Sendana (HMSS) bersama Polisi Sektor Sendana kembali menyerahkan bantuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KACO baru saja menaiki punggung kuda balibbinna, namun belum sempat ia keluar menuju jalan yang berkerikil depan rumahnya, mendadak ia disuguhi pemandangan segerombol anak-anak putih abu yang berkonvoi memacu sepeda motornya dengan suara knalpot yang memekik mengalahkan ringkik kudanya. Urung melangkahkan kaki kudanya, Kaco lalu berteriak dan bertanya kepada Cicci yang sedang membilas daster kenu’na di samping passauang, “allo apa dite’e di’e Kindo’na”. Cicci menjawab, “allo araba’ sippara hari pendidikan nasional”. Kaco membatin, “Oh, pantas anak-anak sekolah itu merayakannya dengan trek-trekan. Semoga kemajuan pendidikan tidak saja bergerak lamban, namun berlari kencang sekencang sepeda motor trek-trekan anak putih abu itu”.[yat teha]