ADVETORIAL

Pemda Majene Akan Identifikasi Pelaku UKM Terdampak Gempa

Majene, Tayang9 – Bencana Gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene dan Kabuaten Mamuju Provisni Sulawesi Barat, dengan magnitudo 6.2 pada tengah bulan pertengahan Januari 2021 lalu, tentu memiliki pada berbagai sektor kehidupan di masyarakat.

Salah satu diantara sektor yang terdampak tersebut tentunya adalah prekonomian. Dalam hal ini, yang amat merasakan dampak ekonomi dari bencana adalah mereka para pelaku usaha kecil dan menengah.

Sektor ekonomi pun menjadi sorotan saat kedatangan ketiga Menteri di Malunda kemarin, diantaranya Muhajir Efendy Menko PMK, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri PPPA serta Tri Risma Harini Menteri Sosial. Perihal itu disinggung terkait kemungkinan banyaknya pelaku usaha yang kehilangan mata pencahariannya, karena tempat serta peralatan pendukung usaha mereka banyak yang rusak dan hancur.

Hal ini juga menjadi pertanyaan Bupati Majene, Lukman, saat rapat koordinasi penanganan korban gempa bumi, Jumat (29/01) di Aula Kantor Camat Tammerodo.

“Apa langkah yg dilakukan oleh Koperindag“, kata Bupati singkat.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kadis Koperindag Majene, Busri K, menjelaskan bahwa untuk pelaku UKM yang memiliki kredit diperbankan, agar dapat diberikan keringanan kredit di Bank tersebut. Ia juga meiminta data para pelaku UKM yang terkena bencana, agar segera dikirim ke Pemerintah Provinsi Sulbar dan diteruskan ke Kemendagri.

“Hari Kamis sudah masuk datanya, by name by addres“ ucap Busri.

Selain itu sebaiknya ada kemudahan pemberian sertifikat tanah kepada pelaku UKM yang terkena bencana oleh BPN. Busri juga berharap agar Camat Malunda dan Ulumanda memberikan data kerusakan khusus pasar, agar suratnya juga diteruskan ke Koperindag, karena setiap tahun ada pembiayaan pembangunan pasar tradisional. (hms/**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button