ADVETORIALBERITASTRAIGHT NEWS

Jalin Kerja Sama, DPRD Kabupaten Majene Kunjungi Kota Balikpapan

Majene, Tayang9 – Sehari setelah mengunjungi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang juga merupakan kabupaten yang telah ditetapkan oleh presiden sebagai lokasi IKN yang baru, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene kembali melakukan kunjungan kerja ke Kota Pemerintahan Balikpapan pada Rabu (07/4).

Rombongan yang dipimpin Ketua DPRD Majane, Salmawati Djamado yang hadir bersama anggota DPRD lainnya dan rombongan dari Kabupaten Majene, disambut langsung Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Sekda Kota Sayid MN Fadli, dan para kepala OPD Pemkot Balikpapan. Pertemuan dilaksanakan di Aula Kantor Pemerintah Kota Balikpapan.

Menurut Salmawati Djamado, kunker kali ini adalah untuk sharing informasi dan kemungkinan peluang terjadinya kerjasama antara Kota Balikpapan dan Kabupaten Majene.

“Beberapa persoalan yang akan kami kaji yaitu mengenai tentang Perusda aneka usaha, pengelolaan PDAM, peningkatan PAD, pengelolaan sampah, pengelolaan perhubungan laut, dan mengenai pembangunan jangka menengah daerah,” ungkap Salmawati.

Selain itu juga, Lanjut Salmawati, persoalan tentang peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dalam hal peningkatan mutu pelayanan publik menjadi agenda kami.

“Semoga sharing informasi ini dapat kami maksimalkan, agar apa yang kami dapatkan dan cocok di Kabupaten Majene bisa kami implementasikan”, terangnya.

Lalu sebagai tuan rumah, Wakil Wali kota menyampaikan tentang sekilas kondisi Balikpapan secara umum kepada para rombongan. Kemudian, dilanjutkan oleh Sekda terkait persoalan yang menjadi bahasan pokok seperti yang telah disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Majene.

Sekda Kota Balikpapan menyampaikan berbagai informasi terkait persoalan yang menjawab Ketua DPRD Kabupaten Majene. Pertama, mengenai Perusda aneka usaha, sekda menyebutkan di Balikpapan ini baru memiliki dua perusda yaitu PDAM dan Perusda Manuntung Sukses.

“Hanya saja sesuai dengan program dari Wali Kota terpilih, perusda ini nanti akan dilakukan revitalisasi agar lebih baik lagi di masa depan. Selama ini, khusus Perusda Manuntung Sukses masih tahap pemula, saat ini masih bergerak di bidang properti dan jaringan gas. Rencana kedepannya, perusda ini akan memperluas cakupannya ke bidang depo kontainer. Bahkan ada kemungkinan akan dibentuk lagi Perusda pasar” Beber Sekda Kota Balikpapan.

Masih oleh Sekda Kota Balikpapan, terkait PDAM, yang saat ini masih menjadi persoalan adalah ketersediaan air baku. Selama ini Balikpapan hanya mengandalkan air tadah hujan. Jika musim kemarau, maka kondisi waduk akan mengering. Lalu untuk peningkatan PAD, Balikpapan mengandalkan PAD-nya dari sektor jasa.

“Untuk pasokan kebutuhan bahan pokok sebagian besar dipasok dari Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. Terkait dengan pasokan bahan pokok ini, mungkin nanti bisa ditindak lanjuti juga oleh Kabupaten Majene untuk perjanjian kerjasamanya,” ungkapnya.

Pengelolaan sampah, sambungnya lagi, hingga saat ini TPA kita masih merupakan TPA terbaik. Namun, saat ini dalam hal pengelolaan ini kita mengalami sedikit penurunan, seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat.

“Di sektor perhubungan laut, konsep tol laut sudah ada di Balikpapan. Tol ini sangat dibutuhkan oleh Balikpapan, karena biaya pemanfaatan tol laut ini jauh lebih murah. Saat ini, berbagai kebutuhan di Balikpapan harus dibayar dengan biaya tinggi karena memang 95 persen kebutuhan itu datananya dari luar”, jelasnya

Dalam hal pelayanan publik, Kata Sekda Kota Balikpapan, Pemkot Balikpapan telah memiliki Mall Pelayanan Publik yang lokasinya di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu.

“Bahkan seluruh perijinan di Balikpapan sudah masuk di Mall Pelayan Publik ini,” pungkasnya. (diskominfo/**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button