BERITASTRAIGHT NEWS

Di Panggung Fashion Show HUT Sulbar, Mateng Perkenalkan Sa’be Salaka

Mamuju -Tayang9 – Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) ikut serta dalam agenda lomba fashion show, yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Sulawesi Barat yang ke 15 Tahun, Jum’at,20/09/19.

Dalam agenda tersebut, perwakilan dari Kabupaten Mamuju Tengah tampil mengenakan kostum modifikasi kain tenun khas Sulawesi Barat pada umumnya, dengan mengangkat tema “The Greet of Salaka”.

“Kain tenun salaka (Sa’be Salaka) menjadi pilihan dan dijadikan sebagai bahan dasar dalam rancangan kali ini,”Ucap M.H Syarqawi

Pemuda Asal Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar itu juga menambahkan, bahwa kain tenun salaka yang memiliki corak kotak – kotak Warna Hitam Putih sebagai karya yang besar, diharapkan dapat menjunjung spirit nilai budaya dan melestarikan tenun khas daerah, serta menjadikannya sebagai tradisi Indonesia yang tak akan lekang oleh zaman.

“Dalam karya kali ini mengangkat tema yaitu “the greet of salaka” kain tenun Salaka ini sangat mudah didapatkan yang memiliki corak yang sedikit unik dan juga warna yang pas dalam rancangan” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa pihaknya sangat mengharapkan khususnya pada pemuda di Bumi Tanah Malaqbi, semakin mencintai produk yang berasal dari daerah sendiri, seperti kain tenun yang memiliki banyak motif dan jenisnya, sehingga mampu untuk terus-menerus dilestarikan bagi para pecinta tenun.

“Desainer bisa lebih mempromosikan dan menuangkan dalam karya atau desain yang membuat orang tertarik dan menggunakannya, dalam waktu dekat ini pemilik “Samboyang Gallery” ini akan kembali membuat desain atau rancangan yang akan di gunakan salah satu peserta Asal Provinsi Sulawesi Barat perwakilan indonesia di kanca Internasional,” tutupnya.(*/FM)

MASDAR KAPPAL

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button