ADVETORIAL

Bupati Apresiasi Rencana Berdirinya LBH dan OBH di Majene

Majene, Tayang9 – Bupati Majene Lukman menerima kunjungan pihak Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Sulawesi Barat di rumah Jabatan Bupati, Selasa (02/02). Kunjungan tersebut dalam rangka korodinasi dengan Pemerintah daerah Majene sekaitan pelaksanaan program hukum dan HAM.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Alexander Palty, SH MH, menyampaikan beberapa hal yang ingin sinergikan dengan Pemda Majene seperti penyusunan prodak hukum daerah, Peraturan Bupati, termasuk mendorong berdirinya Lembaga bantuan hukum (LBH) dan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di Majene.

Ditambahkan lagi menurutnya, hanya Kabupaten Majene di Sulawesi Barat yang belum memiliki LBH dan OBH apalagi pada April mendatang akan ada verifikasi dari Kemeterian Hukum dan HAM RI.

“Kami ingin dorong LBH dan OBH di Majene, biar nanti pelayanan hukum kepada masyarakat Majene bisa berjalan baik,bukan hanya dalam bentuk mitigasi, tapi juga penyuluhan dan pendampingan hukum bisa di bantu” jelas Aleksander.

Untuk itu ia juga meminta pihak Pemda Majene untuk bisa memfasilitasi, khususnya pihak kampus negeri agar oraganisasi tersebut bisa digerakan.

“Jika ada lembaga ini, masyarakat miskin atau pra sejahtera tidak perlu bayar saat proses pendampingan hukum, pemerintah daerah yang akan bayar “ tambahnya.

Bupati Majene Lukman sangat mengapresiasi usulan tersebut. Pihaknya siap membicarakan lebih lanjut dan akan mendukung setiap program yang manfaatnya untuk membantu masyarakat dalam hal perlindungan hukum.

“Memang ada kesan dimasyarakat saat tersandung persoalan hukum kesannya mahal, sehingga mereka memilih mundur ketimbang melanjutkan proses hukum“ ujarnya.

Terkait Lomba Kadarkum Sulawesi Barat yang kelima kalinya dimenangkan Majene, Munir Kemenhumkan Sulbar berharap, Majene terus mempersiapkan diri dengan baik dan prestasi lebih ditingkat.

“Target kami seluruh Sulbar dapat, tahun lalu hanya Kabupaten Mamasa yang belum dapat“ jelasnya. (hms/**)

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button