BERITA

Selanjutnya…!!Gema Desantara Sasar Pemuda Mateng Pelatihan Inovasi Pertanian Alami

Muhammad Fadli Rasyid, Penanggung jawab pelatihan kepeloporan pemuda pertanian alamwilayah Sulbar

Tayang9.com, Mateng- Setelah selesainya pelatihan inovasi pertanian alami yang diselenggarakan di beberapa Kabupaten baik wilayah Sulawesi Selatan ataupun Sulawesi Barat. Genarasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) kembali sasar Kabupaten Mamuju Tengah dalam rangka pelatihan inovasi Pemuda pertanian alami yang akan diselenggarakan pada 15-17 Desember mendatang.

Penanggung jawab wilayah Sulbar, Muhammad Fadli menjelaskan jika kegiatan tersebut merupaka serangkain kegiatan pelatihan yang sebelumnya telah dilakukan dibeberapa kabupaten. Kegiatan tersebut diprioritaskan bagi pemuda Mateng tentang bagaimana mengimplementasikan konsep bertani alami. Maka Gema Desantara menjadi salah satu lembaga pelopor kegiatan tersebut.

“Terakhir kami adakan di Kabupaten Polman satu bulan yang lalu. Dan rencana selanjutnya kami akan adakan di Mamuju Tengah tanggal 15 Desember nanti,” ungkap Fadli kepada Tayang9.com

Yang lebih penting dalam kepeloporan pemuda bidan pertanian alami adalah bagaimana mendorong kemadirian dan kedaulatan petani, sebab kata Fadli, pertanian secara alami menjadi pilihan utama di era global saat ini. Disamping itu juga adanya keinginan untuk menjaga kesehatan konsumen-produsen serta menjaga kelestrian lingkungan.

“Karena pertanian alami sebenaaranya adalah sebuah konsep pertanian yang bertumpu pada alam sekitar tanpa ada tambahan dari luar, baik dalam bentuk pupuk ataupun pestisida, sehingga ini alasan pemuda desa dilibatkan dalam pengetahuan bertani alami,” tambah Fadli

Lanjut Fadli, model pelatihan yang akan diterapkan kepada pemuda tidak akan berbeda jauh dengan model pelatihan yang sudah diaadakan sebelumnya. Selain itu, para peserta juga akan diundang sekitar 50 orang yang terdiri dari kelompok pemuda dan kelompok petani lainnya.

“Konsepnya masih seperti di daerah lainnya. Salah satu alasan kami pilih Mateng, sebab kami melihat bahwa Mateng salah Kabupaaten di Sulbar yang mempunyai sumber daya khususnya di bidang pertanian. Sehingga diharapkan pengelolaannya secara maksimal melalui konsep bertani alami, terutama peran para pemuda Maten sendiri,” ungkapnya.

 

 

NASRUL MASSE

Anak pelaut yang ingin menulis dan membaca di daratan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button