BERITASTRAIGHT NEWS

Kapolda Sulbar : Bela Negara Tidak Hanya Sebatas Angkat Senjata

Mamuju – Tayang9 – Kapolda Provinsi Sulawesi Barat Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengatakan, negara Indonesia sangatlah dinamis, yang digelar jambul katulistiwa, karena tanahnya yang subur, melimpahnya kekayaan alam serta beraneka ragamnya suku dan bahasanya.

Menurut Bringjen Pol Baharuddin Djafar, atas dasar itu adanya tanahnya yang subur, melimpahnya kekayaan alam serta beraneka ragamnya suku dan bahasanya. sehingga pemahaman bela negara (nasionalisme), menjadi sangat penting untuk terus ditumbuhkan.

“Bela negara tidak hanya sebatas mengangkat senjata, namun menjaga kelangsungan bernegara dengan memelihara keamanan dan ketertiban tetap kondusif adalah salah satu bagian dari bela negara,” ucap Brigjen Pol Baharuddin Djafar, saat memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela Negara di acara PKKMB oleh STAIN Majene, Jum’at, 30/08/19.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa
bnegara adalah spektrum yang sangat luas, dimulai dari upaya untuk membangun kehidupan sosial yang harmonis, rukun, saling menghormati perbedaan, sampai dengan tindakan menangkal ancaman serangan musuh bersenjata, yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri demi untuk melindungi kedaulatan bangsa dan negara.

“Bela Negara bukan hanya tanggung jawab Pemerintah dan TNI – POLRI saja melainkan juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa. Sehingga dalam perjalanannya lahir organisasi atau satuan tugas yang membantu Pemerintah dan TNI – POLRI dalam menjaga kamtibmas,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, jika salah satu upaya atau langkah yang paling baik dalam menjaga negara, harus dimulai dari individu, dan keluarga.

“Menciptakan negara yang baik itu dimulai dari Individu, dan kerukunan keluarga, karena konsep efektif menjaga negara ini ada dalam keharmonisan keluarga,” tutupnya. (*/FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button