BERITASTRAIGHT NEWS

Bangun Strategi Pasca Pemindahan Ibukota Negara, Ika Unhas Sulbar Akan Gelar Semiloka

Mamuju – Tayang9 – Dalam rangka membangun agenda persiapan usai pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim), Ikatan Alumni (IKA) Unhas Sulawesi Barat, dalam waktu dekat berencana akan menggelar Seminar dan Lokakarya (Semiloka).

Wakil Ketua IKA Unhas Korwil Sulbar Naharuddin mengatakan, adapun tema yang akan menjadi topik utama dalam agenda Semiloka itu yakni, Daya Saing Sulawesi Barat sebagai Penyangga Ibukota Republik Indonesia, yang nantinya akan berada di Kalimantan Timur.

“Tujuannya kita menggelar seminar dan lokakarya ini, agar drafnya nanti, strategi planningnya nanti itu, kita akan sampaikan keseluruh stackholder yang ada, termasuk ke Presiden dan Bappenas, agar pembangunan ibukota di Kalimantan Timur ini, tidak sentris di Kalimantan Timur, tapi juga memperhatikan daerah – daerah di sekitarnya sebagai penyangga,” ucap Naharuddin saat press conference IKA Unhas Sulbar, di My Cafe Mamuju, Senin, 04/11/19. Malam.

Selain itu juga berharap, dari pelaksanaan Semiloka itu nantinya mampu melahirkan suatu gagasan yang bersifat strategis, serta dapat dielaborasi, dan kemudian dapat diimplementasikan oleh seluruh stakeholder pemerintahan baik pusat, provinsi maupun kabupaten.

“Oleh sebab itu kemudian, kita berharap ada gagasan – gagasan yang strategis sifatnya, yang bisa dielaborasi sedemikian rupa, untuk bisa diimplementasikan oleh semua stackholder pemerintahan baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten,” tutupnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Steering Comite (SC) kegiatan Suyuti menambahkan, bahwa agenda Semiloka tersebut rencananya akan diselenggarakan pada, Tanggal 15 sampai 16 November 2019 mendatang.

“Narasumber yang kita harapkan dalam hal ini sebetulnya satu dari Bappenas, kami berupaya menghadirkan satu dari Bappenas. Kita tahu bahwa strategi nasional itu digagas, dan dikembangkan didalam desain utama RPJMN yang baru nanti,” bebernya.

Ahli strategi planning alumni Amerika Serikat itu juga menambahkan, bahwa untuk Provinsi Sulawesi Barat sendiri, salah satu sektor utama yang dinilai sangat penting untuk segera dikembangkan adalah perikanan.

“Beberapa sektor yang kita nilai, sangat urgen yang kita bangun kedepan untuk Sulawesi Barat, salah satunya adalah sektor perikanan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, tampilan atau tujuan dari pelaksanaan agenda Semiloka tersebut, tidak lain adalah membangun suatu rencana strategis.

“Jadi tidak selesai di seminar dan selesai, seminar selesai hari ini, ya selesai, tidak seperti itu, lebih dari itu ada produk kita strategi, namanya strategi pengembangan, entah itu pengembangan wilayah, tapi strategi, dalam kompetitifnya hari ini Sulawesi Barat sebagai penyangga,” tutupnya.(FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button