Jumat , Juli 10 2020
Home / BERITA / BAN :Hanya 15 SMK di Sulbar yang Memenuhi Prasyarat Divisitasi
Gelaran press confrence BAN Provinsi Sulawesi Barat.(Foto: FM)

BAN :Hanya 15 SMK di Sulbar yang Memenuhi Prasyarat Divisitasi

Mamuju – Tayang9 – Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sulawesi Barat secara resmi merilis hasil validasi, visitasi, perivikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi hasil akreditasi sekolah atau madrasah tahap I, pada salah satu hotel di kabupaten Mamuju, Rabu, 28/08/19. malam.

Menurut Ketua BAN Provinsi Sulawesi Barat Amran HB, untuk Sulawesi Barat sendiri kondisi ironis yang terjadi saat ini, dari 139 SMK, terdapat 77 yang menjadi sasaran akreditasi,akan tetapi hanya 15 yang mengisi Daftar Isian Akreditasi (DIA), sebagai prasyarat awal dalam untuk dilakukan visitasi.

“Tapi ironisnya, di provinsi Sulawesi Barat ini ada 77 SMK yang akan diakreditasi, artinya 139 SMK yang ada di Sulawesi Barat ini ada 77 yang dijadikan sasaran untuk diakreditasi.
Namun sampai saat ini, hanya 15 SMK yang mengisi DIA sebagai bagian prasyarat awal untuk divisitasi,” ucap Amran HB.

Selain itu juga menambahkan, bahwa dari kondisi tersebut menjadi suatu bukti akan minimnya keperdulian sekolah khususnya SMK pada proses akreditasi, sementara dalam Permendiknas nomor 13 Tahun 2018 tertera bahwa sekolah yang belum terakreditasi, dipastikan para lulusannya tidak dapat melanjutkan pendidikan.

“Na ini menandakan, bahwa kepedulian SMK terhadap akreditasi masih sangat kurang. Padahal peraturan menteri pendidikan Nasional Nomor 13, 2018 sekolah yang tidak terakreditasi lulusannya tidak bisa melajutkan pendidikan, sekolah yang tidak terakreditasi tidak bisa menerima bantuan pemerintah, tidak bisa dapat dana bos, sekolah yang tidak terakreditasi tidak bisa mengeluarkan ijazah,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa untuk hasil 77 SMK dan hanya 15 yang mengisi DIA tersebut, untuk saat ini belum sepenuhya dapat diketahui karena masih dalam proses.

“Na dari 77 SMK yang dijadikan sasaran ini hanya 15 yang mengisi DIA, hasilnya hari ini masih belum kita ketahui karena masih berproses,” tutupnya.(FM)

About MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Check Also

LBH Mitra Madani Sulbar Buka Pendampingan Hukum Gratis

POLMAN, TAYANG9 – Bagi warga masyarakat yang mengalami persoalan hukum, kini tidak lagi perlu marasa …

Final, Saiyye’ Zaki Nahkodai Partai Solidaritas Indonesia Sulbar

POLMAN, TAYANG9 – Final, hari ini, Kamis 11 Juni 2020 tepat pukul 13.00 Wib tadi, …

One comment

  1. Smk apa yg mengisi DIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KACO Siang itu, Kaco sala pa'dutang, tidak ada yang bisa dilakukan selain mamurrus. Dalam kecepatan 180 perjam, Kaco terpaksa ma'ondongngi appang bassi siola bala beke. Cicci yang menyaksikan itu hanya bisa tertawa terbahak. Belum selesai Cicci tertawa melihat kelakuan Kaco, Cicci juga kemudian mengangkat daster dan lari tunggang langgang. Jingkang dan meloncati petawung anna passukkeang. Cicci pikir Kaco lari karena dikejar anjing gila. Ternyata belakangan Cicci tahu kalau ternyata Kaco mamurrus karena hendak menuju pappelembangan karena nalulang setelah manggasa' kaweni pagi tadi.”.[yat teha]