BERITASTRAIGHT NEWS

Asri : Jauh Lebih Baik Presiden Membuka Moratorium Pemekaran Daerah

Polewali – Tayang9 – Anggota DPD-RI perwakilan Provinsi Sulawesi Barat Asri Anas mengatakan, bahwa wacana rencana pemindahan ibukota negara oleh pemerintah pusat, dinilai tidak terlalu penting, karena tidak terfokus pada pembangunan nasional.

Menurut Asri Anas, yang harus dipahami secara serius, bahwa konsep negara Indonesia adalah negara kesatuan dengan pembangunan daerah otonomi sebagai lokosnya.

“Artinya negara mengakselerasi majunya daerah melalui otonomi daerah, daripada bicara  pemindahkan ibukota, jauh lebih baik Presiden Jokowi membuka Moratorium pemekaran daerah, agar daerah – daerah otonom lebih banyak, dan itu mendorong akselerasi pembangunan,” ucap Asri via Whatsaap, Senin, 06/05/19.malam.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa kota Jakarta adalah bagian dari histori perjalanan bangsa, dan jika dipindahkan pihaknya menilai bisa jadi Presiden Jokowidodo akan menjadi atau termasuk dalam bagian sejarah yang tidak baik.

“Tidak ada kajian yang menganggap bahwa jakarta tidak layak lagi jadi ibukota.Kami DPD-RI jauh lebih mendorong Presiden Jokowi membuka moratorium pemekaran daerah, sebab itu akan membantu daerah tumbuh, dan jauh lebih maju,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Sulawesi Barat itu menuturkan, dengan anggaran 400 Triliun Rupiah, yang akan digunakan untuk pembangunan ibukota baru, dinilai akan lebih baik jika digunakan membangun daerah daerah yang akan tumbuh yaitu lebih 100 daerah otonomi baru, dan nilai pembangunan ibukota tersebut, itu jauh lebih besar dari DAU yang diterima setiap tahun oleh daerah daerah diluar Jawa.

“Kami meminta presiden Jokowi mempertimbangkan kembali kajian, dan keinginan pemindahan Ibukota. Kami lebih setuju Presiden serius membangun gagasan negara maritim, dan pemekaran daerah otonomi baru,” tutupnya. (FM)

MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button